Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Simak nih 5 Manfaat Rehabilitasi bagi Pencandu Narkoba

Jumat, 16 September 2022 – 10:54 WIB
Simak nih 5 Manfaat Rehabilitasi bagi Pencandu Narkoba - JPNN.COM
Tenaga medis di pusat rehabilitasi narkoba Ashefa Griya Pusaka sedang memeriksa kesehatan korban penyalahgunaan narkoba. Foto: Ist for JPNN.com

jpnn.com - Narkoba berbahaya bagi masyarakat, khususnya di kalangan pelajar. Narkoba selalu dihindari karena berbahaya dan membuat orang kecanduan. Jika sudah mengonsumsi narkoba dan berhenti, dia merasakan dorongan psikologis yang kuat untuk kembali.

Karena itu, pencandu narkoba penting melakukan rehabilitasi narkoba. Ada 3 macam narkoba yaitu narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lain. 

Narkotika akan mengakibatkan perubahan kesadaran, mengurangi dan menghilangkan rasa sakit, serta bisa menimbulkan ketergantungan (adiksi). 

Psikotropika mengubah susunan saraf pusat sehingga mengganggu mental dan mengubah perilaku. Zat adiktif berbahaya bagi tubuh karena merupakan zat kimia seperti etanol, inhalansia, tembakau.

Narkoba jenis opium itu awalnya digunakan pada zaman kolonial Belanda. Pemakainya kebanyakan merupakan Orang Cina. Waktu itu, pemerintah Belanda memperbolehkan pemakaian opium.

Para pelajar paling rentan mengonsumsi narkoba secara sembarangan. Dalam masa-masa pelajar, mereka masih labil untuk mencari jati diri mereka masing-masing. 

Karena itu, mereka mudah dipengaruhi. Mereka juga mencari kenikmatan sesaat tanpa memikirkan efeknya bagi masa depan mereka. 

Pelajar juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, sehingga mendorong mereka untuk mencoba hal-hal baru. Pelajar cenderung merasa bahwa temannya lebih mengerti dibanding orang tua.

Yayasan Sosial penanggulangan NAPZA, Ashefa Griya Pusaka, mengulasan 5 manfaat rehabilitasi bagi pencandu narkoba, simak ya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close