Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Simak Tips Yurianto Agar Orang Tidak Terinfeksi Covid-19

Sabtu, 06 Juni 2020 – 18:10 WIB
Simak Tips Yurianto Agar Orang Tidak Terinfeksi Covid-19 - JPNN.COM
Ilustrasi Corona. Foto: Radar Solo

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto menyebutkan, vaksin bukan satu-satunya cara agar seseorang terhindar dari penularan coronavirus disease 2019 (COVID-19).

"Bukan hanya vaksin saja satu-satunya cara agar kita tidak terinfeksi oleh virus corona ini," kata Yuri, sapaan akrab Achmad Yurianto, dalam keterangan resmi yang disiarkan akun Youtube BNPB Indonesia, Sabtu (6/6).

Menurut Yuri, masyarakat bisa mengubah perilaku sehari-hari agar terhindar dari penularan COVID-19. Seperti menjaga jarak aman, rajin mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir, dan memakai masker saat di luar rumah.

Sebab, kata Yuri, seseorang tertular COVID-19 melalui mekanisme droplet atau tetesan cairan dari percikan saluran pernapasan.

Cairan itu bisa keluar saat orang terjangkiti COVID-19 mengalami batuk, bersin, dan bicara. Jika cairan itu terkena langsung orang sehat, hal itu yang bisa menjadi sumber penularan.

"Oleh karena itu siapa pun yang berada di posisi kurang dari satu meter dan rentan untuk tertular karena tidak terlindungi, kemungkinan besar tertular," ujar Yuri.

Di samping itu, ujar dia, penularan COVID-19 bisa terjadi secara tidak langsung. Droplet dari orang terjangkiti COVID-19 bisa menempel di benda sekitar.

Kemudian, orang dalam keadaan sehat secara tidak sengaja menyentuh benda itu dan menyentuh hidung. Hal itulah yang bisa juga menjadi sumber penularan.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto menyebutkan, vaksin bukan satu-satunya cara agar seseorang terhindar dari penularan Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close