Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sindikat di Arab Saudi Tumpangi Pemulangan TKI

Selasa, 25 Januari 2011 – 23:32 WIB
Sindikat di Arab Saudi Tumpangi Pemulangan TKI - JPNN.COM
JAKARTA — Sindikat yang memanfaatkan keberadaan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) benar-benar tak pandang bulu. Bahkan upaya pemerintah untuk memulangkan TKI overstayer pun ditumpangi sindikat untuk meraup keuntungan pribadi.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), Muhaimin Iskandar, mengungkapkan bahwa pemulangan TKI oleh pemerintah diduga akan dimanfaatkan oleh sindikat yang kerap memanfaatkan TKI overstayers. "Saya mendapatkan banyak laporan bahwa saat ini beredar kabar di antara TKI di Arab Saudi melalui SMS bahwa pemerintah akan melakukan pemulangan gratis. Ini tindakan yang tidak bertanggungjawab. TKI jangan mudah ditipu," ungkap Muhaimin di Gedung Kemenakertrans, Jakarta, Selasa (25/1).

Muhaimin memaparkan, Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi setiap hari rata-rata memulangkan 8-20 TKI. Sementara itu, pemulangan khusus yang disiapkan pemerintah terhadap TKI overstayers, masih menunggu proses pendataan dan persiapan tim teknis yang dipimpin langsung oleh Menkopolhukham Djoko Suyanto.

"Pendataan ini penting mengingat proses pemulangan mesti dengan cara pemberkasan oleh pemerintah Arab Saudi. Ini sedikit memakan waktu tapi yang penting bisa dipulangkan," jelas Muhaimin.

JAKARTA — Sindikat yang memanfaatkan keberadaan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) benar-benar tak pandang bulu. Bahkan upaya pemerintah untuk memulangkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA