Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Sindiran Tajam Jaksa, Sebut Gelar Imam Besar untuk Rizieq Hanya Isapan Jempol Belaka

Senin, 14 Juni 2021 – 13:18 WIB
Sindiran Tajam Jaksa, Sebut Gelar Imam Besar untuk Rizieq Hanya Isapan Jempol Belaka - JPNN.COM
Suasana sidang lanjutan kasus swab RS Ummi Bogor yang tampak dari layar yang disediakan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin (14/6/2021) Foto : Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Jaksa Penuntut Umum (JPU) menyebutkan gelar imam besar yang disandang oleh Habib Rizieq Shihab hanya isapan jempol belaka.

Hal ini disampaikan oleh JPU di persidangan kasus swab di RS Ummi, Bogor yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin (14/6).

"Ternyata yang didengung-dengungkan sebagaimana imam besar hanya isapan jempol belaka," kata JPU.

Melalui replik atau jawaban atas pleidoi, JPU mengatakan banyak kata-kata kotor yang seharusnya tidak dimasukkan Rizieq bila ingin membantah tuntutan enam tahun penjara yan jaksa layangkan.

"Tidak perlu mengajukan pembelaan dengan perkataan yang melanggar norma bangsa dengan kata-kata yang tidak sehat yang mengedepankan emosional apalagi menghujat," lanjutnya. 

JPU kemudian mencontohkan kata licik dan culas yang digunakan Rizieq dalam pleidoi setebal 131 halaman yang disampaikan eks pimpinan Front Pembela Islam (FPI) pada sidang sebelumnya.

Kemudian JPU juga menyoroti isi pleidoi Rizieq yang menuding mereka sebagai alat oligarki (kelompok penguasa tertentu) karena menjadikan kasus pelanggaran protokol kesehatan sebagai pidana.

Selain itu, JPU menyebutkan kata-kata yang dilontarkan oleh eks imam besar FPI itu tidak disaring dan tak seharusnya diucapkan dalam sidang di pengadilan.