Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Soal BPA dalam AMDK, Pakar: Masyarakat Jangan Ditakut-takuti

Jumat, 03 November 2023 – 06:15 WIB
Soal BPA dalam AMDK, Pakar: Masyarakat Jangan Ditakut-takuti - JPNN.COM
Pakar Polimer dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof. Dr. Achmad Zainal Abidin berkomentar terkait isu cemaran Bisfenol A (BPA) dalam AMDK. Ilustrasi - Air minum dalam kemasan galon. Foto: JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pakar Polimer dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof. Dr. Achmad Zainal Abidin berkomentar terkait isu cemaran Bisfenol A (BPA) dalam Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) galon polikarbonat.

Zainal Abidin mengatakan AMDK dengan galon polikarbonat sudah dikonsumsi masyarakat selama 40 tahun lebih dan aman.

"Tetapi, sampai hari ini tidak ada single kasus yang juga muncul. Saya kira itu catatan penting ya bagi semua orang yang menyebarkan isu bahaya galon polikarbonat ini,” kata Prof. Zainal seperti dikutip, Jumat (3/11).

Menurutnya, dalam ilmu polimer, polikarbonat itu merupakan bahan plastik yang aman dan dinyatakan baik untuk bungkus atau kemasan makanan maupun minuman.

“Saat ini ada orang mensosialisasikan galon BPA free. Itu tidak berarti aman untuk kesehatan. Karena, etilen glikol yang ada dalam kemasan itu  juga berbahaya,” tuturnya.

Dia mengutarakan galon polikarbonat termasuk pembungkus atau wadah yang bagus dari sisi properties thermal.

Sebab, sifat dari bahan polikarbonat terhadap suhu atau temperatur, kemasan ini termasuk kuat. Begitu juga dari sisi properties terhadap mekanik seperti gesekan, benturan, goresan, polikarbonat itu termasuk bahan plastik yang bagus dan kuat.

“Sekarang orang ribut dengan BPA, yang seharusnya masyarakat itu jangan ditakut-takuti dan harus dikasih informasi yang benar. Karena, kan sudah diatur oleh BPOM. Jadi, kita harus memberikan informasi yang benar agar masyarakat  bisa tenang, tentram dan enaklah,” tukasnya.

Pakar Polimer dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof. Dr. Achmad Zainal Abidin berkomentar terkait isu cemaran Bisfenol A (BPA) dalam AMDK

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close