Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Soal Kelangkaan Oksigen, Politikus PAN Minta Pemerintah Bergerak Cepat dan Tepat

Senin, 05 Juli 2021 – 22:40 WIB
Soal Kelangkaan Oksigen, Politikus PAN Minta Pemerintah Bergerak Cepat dan Tepat - JPNN.COM
Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR RI dari Fraksi PAN Guspardi Gaus meminta pemerintah segera mengatasi kelangkaan oksigen medis dan harganya yang melambung dengan mengambil langkah konkret untuk menjamin pasokan oksigen sehingga mudah didapatkan masyarakat.

Dia juga minta para pengusaha jangan mengambil kesempatan dengan menaikkan harga secara tidak wajar. Saat ini oksigen medis dan refil tabung oksigen memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Menurut anggota DPR RI dapil Sumbar 2 ini, permintaan gas oksigen makin meningkat 

dikarenakan kian mengganasnya kasus Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir.

Sementara itu daya tampung rumah sakit juga makin terbatas dan masyarakat banyak yang mengalami gejala sesak napas dan angka saturasi oksigen di dalam darahnya turun yang mengharuskan mereka isolasi mandiri di rumah.

Situasi ini menyebabkan banyak masyarakat memborong tabung-tabung oksigen. Akibatnya terjadi kelangkaan yang berdampak pada harga tabung gas dan refil isi ulang menjadi naik.

“Bahkan di beberapa daerah kenaikan tersebut dilaporkan 3-4 kali lipat dari harga normal,” ungkap Guspardi, Senin (5/7).

Pembelian langsung oleh masyarakat umum secara besar-besaran tentu berdampak pada terganggunya pasokan untuk rumah sakit. Para pengusaha di bidang produksi dan distribusi tabung oksigen medis harus mendukung mobilisasi total untuk penyediaan oksigen medis ini.

Guspardi Gaus meminta pemerintah segera mengatasi kelangkaan oksigen medis dan harganya yang melambung dengan mengambil langkah konkret untuk menjamin pasokan oksigen sehingga mudah didapatkan masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close