Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Bersama Depinas SOKSI Sulut

Bamsoet: Merawat Kebhinekaan Kunci Tetap Berdirinya NKRI

Selasa, 17 November 2020 – 15:27 WIB
Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Bersama Depinas SOKSI Sulut - JPNN.COM
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat Sosialisasi Empat Pilar MPR RI dengan Depinas SOKSI di Manado, Sulawesi Utara, Selasa (17/11). Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, MANADO - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyatakan merawat kebhinekaan merupakan kunci yang akan menjadi jaminan tetap berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurutnya, konsepsi merawat kebhinekaan adalah wujud pengakuan dan sekaligus penghormatan terhadap adanya heterogenitas dalam berbagai aspek kebangsaan.

Dia menjelaskan konsepsi kebhinekaan mengamanatkan pengakuan terhadap keberagaman dalam kerangka mencari titik temu atau persetujuan.

"Dalam prosesnya harus menjunjung tinggi kepentingan bersama, menegakkan toleransi dan menghormati perbedaan, serta mengedepankan semangat musyawarah untuk mufakat," ujar Bamsoet saat Sosialisasi Empat Pilar MPR RI dengan Dewan Pimpinan Nasional Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (Depinas SOKSI) di Manado, Sulawesi Utara, Selasa (17/11).

Ketua ke-20 DPR RI ini menuturkan, MPR RI sebagai rumah kebangsaan harus menjembatani berbagai arus perubahan, pemikiran, dan beragam aspirasi rakyat.

Menurutnya, dalam rumah kebangsaan, segala perbedaan pendapat didengarkan dan dihormati sehingga pada akhirnya disatukan melalui musyawarah mufakat. 

Dia menambahkan dengan konsepsi ini, MPR mendorong perubahan paradigma dan perspektif dalam memaknai kemajemukan.

"Keberagaman bukanlah perbedaan yang memisahkan, melainkan kekayaan yang menyatukan," kata Bamsoet.

MPR RI sebagai rumah kebangsaan harus menjembatani berbagai arus perubahan, pemikiran, dan beragam aspirasi rakyat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close