Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sri Sultan Melantik Penjabat Wali Kota Yogyakarta dan Pj Bupati Kulon Progo, Beri Pesan Ini 

Rabu, 22 Mei 2024 – 13:00 WIB
Sri Sultan Melantik Penjabat Wali Kota Yogyakarta dan Pj Bupati Kulon Progo, Beri Pesan Ini  - JPNN.COM
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X seusai mengikuti pelantikan Pj Wali Kota Yogyakarta dan Bupati Kulon Progo di Kepatihan pada Rabu (22/5). Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jpnn.com - YOGYAKARTA - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X melantik Sugeng Purwanto sebagai penjabat wali kota Yogyakarta dan Srie Nurkhyatsiwi menjadi pj bupati Kulon Progo, Rabu (22/5).

Sugeng Purwanto dilantik menggantikan pj wali kota Yogyakarta sebelumnya, Singgih Rahardjo. Adapun Srie dilantik menggantikan pj bupati Kulon Progo sebelumnya, Ni Made Dwipanti.

Sri Sultan mengingatkan penjabat yang baru dilantik agar bersiap menunaikan tanggung jawab. Menurut Ngarsa Dalem sejumlah tantangan di daerah masing-masing sudah menunggu untuk segera diselesaikan.

"Salah satu tantangan yang krusial adalah desentralisasi pengelolaan sampah, yang mana dalam konteks hari ini Pemerintah Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo dapat merencanakan dan mengimplementasikan konsep tata kelola sampah yang ramah lingkungan dan berkelanjutan," kata Sri Sultan dalam sambutannya.

Khusus Kota Yogyakarta, Sri Sultan mengatakan bahwa pengelolaan sampah harus diperkuat dengan visi tata kelola food waste.

"Mengingat sektor pariwisata dan bisnis kuliner berpotensi menyumbang sampah pangan," ungkap raja Keraton Yogyakarta itu.

Sri Sultan kepada pj bupati Kulon Progo mengingatkan mengenai sejumlah tantangan yang harus diselesaikan dengan baik.

Dia berharap Pemerintah Kabuaten Kulon Progo, mampu mengoptimalkan peran wilayah sebagai kota bandara, melalui potensi smart agriculture, smart tourism dan circular economy.

Sri Sultan Hamengku Buwono X melantik pj wali kota Yogyakarta dan pj bupati Kulon Progo. Ini pesan Sultan HB X.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close