Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Stafsus BPIP Romo Benny Susetyo Tegaskan Pancasila Jawaban atas Permasalahan di Indonesia

Sabtu, 28 Oktober 2023 – 12:38 WIB
Stafsus BPIP Romo Benny Susetyo Tegaskan Pancasila Jawaban atas Permasalahan di Indonesia - JPNN.COM
Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Antonius Benny Susetyo (dua dari kanan) saat berbicara pada Peluncuran dan Bedah Buku 'Iman Dalam Tantangan' karya Franz Magnis-Suseno di Kompas Institute, Jumat (27/10). Foto: Dokumentasi Humas BPIP

jpnn.com, JAKARTA - Staf Khusus (Stafsus) Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo menegaskan Pancasila merupakan jawaban dari semua permasalahan yang terjadi di Indonesia.

Penegasan ini disampaikan Romo Benny pada Peluncuran dan Bedah Buku 'Iman Dalam Tantangan' karya Franz Magnis-Suseno di Kompas Institute, Jumat (27/10).

Romo Benny menyampaikan buku 'Iman Dalam Tantangan' ini mempertanyakan sesuatu yang penting.

"Romo Magnis membuka hati kita semua, para pembaca, kepada orang-orang untuk memiliki kesadaran, 'saya ada di mana?' Buku ini secara reflektif betul mempertanyakan eksitensi kita di dunia ini," ulas Romo Benny dalam keterangannya, Sabtu (28/10).

Buku karya Franz Magnis-Suseno itu juga memberikan tantangan bagi pembaca.

"Kita ditantang bukan hanya sekadar mencari eksistensi diri dan menyatakan bahwa 'kita ada di sini', tetapi kita harus juga bisa menyatakan, 'kita berbuat apa'," terangnya.

Menurut Romo Benny, hal ini juga menjawab pertanyaan relevansi Pancasila di kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia.

"Ada beberapa tantangan di dunia ini yang disampaikan dalam buku, contohnya demokrasi, kapitalisme, Artificial Intellegence (AI), fundamentalisme. Saya pikir, Pancasila adalah jawaban menghadapi tantangan-tantangan ini," tegasnya.

Antonius Benny Susetyo atau Romo Benny menjadi salah satu pembicara pada Peluncuran dan Bedah Buku 'Iman Dalam Tantangan' karya Franz Magnis-Suseno

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close