Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Standar Pemberian Obat ARV Bagi Penderita AIDS Ditingkatkan

Minggu, 01 Juli 2012 – 10:02 WIB
Standar Pemberian Obat ARV Bagi Penderita AIDS Ditingkatkan - JPNN.COM
JAKARTA - Dunia medis Indonesia saat ini sedang mengkaji perubahan standar pemberian obat antiretroviral (ARV) bagi penderita HIV-AIDS. Selama ini, ARV diberikan kepada masyarakat positif HIV-AIDS dengan kondisi sel CD4 kurang dari 350 sel/mm3. Saat ini ketentuan tersebut sedang dikaji untuk ditingkat menjadi CD4 kurang dari 500 sel/mm3.

Peningkatan standar tersebut merujuk pada sistem yang sudah dijalankan di negara-negara maju, seperti di Amerika Serikat. Di negeri paman Sam itu, pemberian ARV sudah dijalankan kepada masyarakat positif HIV-AIDS dan CD4 kurang dari 500 sel/mm3.

"Arah kita memang ke situ, tetapi masih menunggu perkembangan lebih lanjut," kata Ketua Perhimpunan Dokter Peduli AIDS Indonesia (PDPAI) Prod Dr dr Samsuridjal Djauzi, SpPD, K-AI, FINASIM, FACP di Jakarta kemarin (30/6).

Peningkatakan standar CD4 sebagai rujukan pemberian obat ARV kepada masyarakat positif HIV-AIDS itu bukan tanpa alasan. Seperti diketahui, semakin besar tingkat SD4 seseorang, maka semakin baik tingkat kekebalan tubuhnya.

JAKARTA - Dunia medis Indonesia saat ini sedang mengkaji perubahan standar pemberian obat antiretroviral (ARV) bagi penderita HIV-AIDS. Selama ini,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close