Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Startup Indonesia Bantu Para IKM Efisiensikan Waktu & Tenaga

Rabu, 27 Desember 2023 – 22:14 WIB
Startup Indonesia Bantu Para IKM Efisiensikan Waktu & Tenaga - JPNN.COM
Sudah 2.037 startup yang mendaftar program Startup4Industry dan 1.115, di antaranya mengikuti program kompetisi implementasi teknologi Startup4Industry. Foto dok IKMA

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian sejak 2018 menggelar program Startup4Industry.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (Dirjen IKMA) Reni Yanita mengatakan sudah 2.037 startup yang mendaftar program Startup4Industry dan 1.115, di antaranya mengikuti program kompetisi implementasi teknologi Startup4Industry.

Startup4Industry merupakan sebuah kompetisi yang diikuti oleh startup Indonesia untuk menunjukan teknologi yang paling berdampak positif bagi IKM.

PT Trimitra Nusantara Sakti (Trinusa) yang menyabet Juara 2 kompetisi Startup4Industry 2023, memberikan solusi bagi industri manufaktur guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas produksi pada mesin-mesin yang digunakan melalui sistem pencatatan yang cerdas.

Yoanes Fredy Sakti, Founder dan CEO Trinusa merupakan sosok di balik terciptanya perangkat lunak atau software yang bernama Smart Module System.

Fredy mengungkapkan setelah memakai perangkat lunaknya, mitranya bisa mengetahui semua informasi dari mesin seperti sudah berapa lama mesin standby atau sudah berapa lama bekerja, berapa produk yang telah selesai hingga berapa banyak biaya konsumsi listrik yang telah terpakai secara realtime.

Sistem ini pun bisa membantu mesin-mesin import yang dapat disesuaikan dengan sistem pembayaran di Indonesia sehingga keuangan pun bisa tercatat dengan baik pula.

“Software ini mencatat semua informasi dari mesin tersebut. Sehingga pelaku usaha bisa membuat kinerja mesin lebih produktif dan mengoptimalkan efisiensi biaya dan efektivitas produksi yang akhirnya income akan meningkat hingga 10-15%,” tutur Fredy.

Startup For Industry berperan sebagai ecosystem builder untuk menghubungkan startup sebagai penyedia teknologi dengan industri, masyarakat, investor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close