Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Strategi Bea Cukai dalam Meningkatkan Performa Pelayanan dan Perkuat Sinergitas

Jumat, 07 Februari 2020 – 20:11 WIB
Strategi Bea Cukai dalam Meningkatkan Performa Pelayanan dan Perkuat Sinergitas - JPNN.COM
Bea Cukai mengunjungi berbagai instansi untuk melakukan benchmarking sekaligus memperkuat sinergitas. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai mengawali tahun 2020 dengan melakukan kunjungan ke berbagai instansi untuk melakukan benchmarking sekaligus memperkuat sinergitas. Hal itu guna menghadapi tantangan dalam menghadapi era industri dan globalisasi. Selain itu, pemerintah juga terus membuat berbagai kebijakan dan inovasi baru untuk mewujudkan efektivitas dan efisiensi dala, berkinerja. 

Diawali dengan kunjungan Bea Cukai Wilayah Jawa Barat, Selasa (4/2) ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Bogor yang salah satunya adalah Bea Cukai Bogor. Kakanwil Bea Cukai Jawa Barat, Saipullah Nasution bersama jajarannya melakukan benchmarking terhadap mekanisme pelayanan MPP yang telah modern dan paperless. Dijelaskan pula terkait beberapa aplikasi yang digunakan serta prosedur pelayanan yang dijalankan mulai dari antrian hingga pelayanan selesai. Penggunaan aplikasi ini merupakan wujud transformasi pelayanan publik dari manual ke digital yang semakin memudahkan masyarakat.

Pada awal 2020, Bea Cukai Bogor memberikan 3 jenis layanan baru di MPP, yaitu layanan aktivasi modul pemberitahuan impor barang (PIB) dan pemberitahuan ekspor barang (PEB), layanan registrasi nomor pokok pengusaha barang kena cukai (NPPBKC), dan layanan pengambilan surat perizinan subkontrak.

Saipullah memberikan apresiasi kepada Bea Cukai Bogor yang terus berinovasi dalam memberikan layanan kepada masyarakat. “Masyarakat sangat dimudahkan dengan metode pelayanan ini, saya berpesan agar layanan dilaksanakan secara profesional dan penuh semangat,” ujarnya.

Selain itu, Bea Cukai juga melakukan kunjungan dalam rangka memperkuat sinergi ke pemerintah daerah setempat. Pada Rabu (5/2), Bea Cukai Madiun mendatangi Walikota Madiun untuk berkoordinasi terkait perizinan di bidang cukai, peluang industri kecil untuk ekspor, serta peningkatan efektifitas sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

Walikota Madiun, Maidi mengungkapkan akan menindaklanjuti terkait hal tersebut. Melalui kantor pelayanan perizinan terpadu (KPPT), pihaknya akan mengevaluasi proses perizinan perusahaan, begitupun dengan industri kecil berbasis ekspor. “Beberapa industri di Kota Madiun memiliki potensi untuk dikembangkan di pasar internasional, maka dari itu hal ini sangat kami dukung agar dapat berjibaku dengan Bea Cukai untuk bersama kembangkan industri dalam negeri,” ungkapnya.

Sementara itu, Bea Cukai Pangkalpinang pada hari yang sama juga mengunjungi Balai Karantina Pertanian Kelas II Pangkalpinang dalam rangka memperkuat sinergitas fungsi Customs, Immigration, Quarantine (CIQ).

Sebelumnya Bea Cukai telah bekerja sama dengan Karantina dalam pertukaran data pelayanan dan pengawasan, penguatan pemeriksaan secara integrasi melalui Indonesia Single Risk Management dalam Indonesia National Single Windows (INSW) serta pemanfaatan bersama sarana dan prasarana pemeriksaan di lapangan. “Sinergi ini diharapkan diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dan pengawasan ekspor produk pertanian di wilayah Pulau Bangka,” ujar Yetty Yulianty, Kepala Kantor Bea Cukai Pangkalpinang.

Kemudian, Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Gatot Sugeng Wibowo juga melakukan kunjungan kerja ke Bupati Jepara. Ia menyampaikan bahwa di Jepara terdapat 29 Perusahaan Rokok, 12 kawasan berikat dan 6 perusahaan furniture yang telah memanfaatkan fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor (KITE).

Bea Cukai mengunjungi berbagai instansi untuk melakukan benchmarking sekaligus memperkuat sinergitas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close