Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Suap Model Sukamiskin Sepertinya Terjadi di Banyak Lapas

Minggu, 22 Juli 2018 – 15:15 WIB
Suap Model Sukamiskin Sepertinya Terjadi di Banyak Lapas - JPNN.COM
Legislator PKS Aboe Bakar Al Habsy. Foto: dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Aboe Bakar Al Habsy menyesalkan praktik suap untuk Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Sukamiskin Wahid Husen dari narapidana kasus korupsi Fahmi Darmawansyah. Menurut Aboe, seharusnya persoalan itu tidak terjadi jika Lapas Sukamiskin dipimpin pejabat berintegritas dan punya sistem yang tak memungkinkan pelanggaran.

"Saya khawatir apa yang terjadi di Sukamiskin adalah fenomena gunung es, karena bisa jadi situasi serupa banyak terjadi di lapas yang lain,"  kata Aboe, Minggu (22/7). 

Wakil ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mengatakan, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly harus segera mengantisipasi praktik ilegal seperti halnya di Lapas Sukamiskin. "Jangan sampai hal ini tetulang lagi," ujarnya. 

Aboe menambahkan, pembenahan bukan hanya harus dilakukan di Lapas Sukamiskin, tapi di seluruh Indonesia.  "Hal ini perlu menjadi early warning (peringatan dini, red) untuk pembenahan seluruh lapas di Indonesia," katanya. 

Menurut Aboe, setidaknya ada dua hal yang perlu diperhatikan untuk pembenahan lapas. Pertama adalah pembenahan sistem untuk menutup peluang adanya kongkalikong antara petugas dengan warga binaan.

"Aturan sedapat mungkin mengedepankan tertip hukum dan tertib aturan dalam lapas," ungkapnya. 

Kedua, lanjut Aboe, penguatan integritas para petugasnya. Dengan integritas yang baik maka peraturan yang ada akan dapat diimplementasikan secara tepat.

Tanpa integritas, kata politikus yang beken disapa dengan panggilan Habib Aboe itu, aturan sebaik apa pun akan bisa diakali. “Integritas ini akan menjadi kunci paling strategis pembenahan lapas," tuntas Aboe. 

Anggota Komisi III DPR Aboe Bakar Al Habsy menyatakan, suap di lapas tak akan terjadi jika kalapasnya berintegritas dan ada sistem yang mencegah pelanggaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close