Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

SUCOFINDO Raih Akreditasi KAN Sebagai LVV Informasi Gas Rumah Kaca

Rabu, 02 Agustus 2023 – 09:17 WIB
SUCOFINDO Raih Akreditasi KAN Sebagai LVV Informasi Gas Rumah Kaca - JPNN.COM
Gedung PT Sucofindo. Foto Sucofindo

jpnn.com, JAKARTA - PT SUCOFINDO meraih akreditasi sebagai Lembaga Validasi dan Verifikasi (LVV) informasi Gas Rumah Kaca (GRK) dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Akreditasi ini diserahkan langsung oleh Kukuh S. Achmad, Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN)/Ketua Komite Akreditasi Nasional (KAN) kepada Direktur Utama PT SUCOFINDO Jobi Triananda di Graha SUCOFINDO (31/7).

“Kami mengucapkan selamat kepada PT SUCOFINDO atas diraihnya akreditasi sebagai LVV untuk GRK dan Nilai Ekonomi Karbon (NEK). Hal ini merupakan komitmen bersama dalam merealisasikan program pemerintah untuk mengatasi perubahan iklim, yang harus kita kendalikan,” ujar Kukuh.

Kukuh berharap dengan diraihnya akreditasi ini, PT SUCOFINDO dapat menjaga, konsistensi, kompetensi, dan imparsial dalam menjaga independensi.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan BSN dan KAN kepada SUCOFINDO, semoga dengan akreditasi ini, PT SUCOFINDO mampu mendukung komitmen Pemerintah Indonesia dalam upaya menurunkan emisi GRK sesuai target Nationally Determined Contributions (NDC) melalui penguatan aksi mitigasi dan adaptasi yang telah tervalidasi dan verifikasi secara kredibel, independen dan imparsial,” kata Jobi Triananda.

Jobi optimistis peran SUCOFINDO sebagai LVV, mampu mendukung kebijakan Nilai Ekonomi Karbon (NEK), sebagaimana Peraturan Presiden No. 98 tahun 2021, tentang Penyelenggaraan Nilai Ekonomi Karbon Untuk Pencapaian Target Kontribusi Yang Ditetapkan Secara Nasional dan Pengendalian Emisi Gas Rumah Kaca dalam Pembangunan Nasional, serta penyelenggaraan Sistem Registrasi Nasional Pelaporan, Penyediaan Data dan Informasi (SRN PPI) sesuai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. 21 tahun 2022.

Selain itu, jasa validasi dan verifikasi yang telah terakreditasi oleh KAN untuk skema penerapan Nilai Ekonomi Karbon sangat dibutuhkan saat ini.

"Secara khusus, keberadaan LVV dalam mendukung penyelenggaraan dan ekosistem bursa karbon yang akan diselenggarakan pada September 2023 oleh pemerintah. Oleh karenanya, SUCOFINDO berupaya meningkatkan dan mengembangkanan ruang lingkup jasa sebagai komitmen countinous improvement,” sebut Jobi.

Dengan diraihnya akreditasi ini, PT SUCOFINDO dapat menjaga, konsistensi, kompetensi, dan imparsial dalam menjaga independensi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close