Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sudah 3 Bulan Hujan Tidak Turun di Tasikmalaya, Warga Kesulitan Air

Jumat, 11 Juni 2021 – 20:10 WIB
Sudah 3 Bulan Hujan Tidak Turun di Tasikmalaya, Warga Kesulitan Air - JPNN.COM
Petugas mendistribusikan air bersih di Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (11/6). Foto: ANTARA/HO-BPBD Kabupaten Tasikmalaya

jpnn.com, TASIKMALAYA - Musim kemarau yang mulai melanda membuat warga di sejumlah daerah selatan Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Air sumur dan sumber air lainnya mulai mengering.

"Memang di wilayah utara dan tengah masih ada hujan, tapi untuk selatan sudah tiga bulan tak turun hujan," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya Irwan, Jumat (11/6).

Dia menuturkan BPBD Kabupaten Tasikmalaya sudah mendapatkan informasi adanya sejumlah daerah yang dilanda bencana kekeringan akibatnya banyak warga kesulitan mendapatkan air bersih.

BPBD, kata dia, langsung bergerak untuk mendistribusikan air bersih ke daerah yang dilanda kekeringan, salah satunya beberapa desa di Kecamatan Cipatujah.

"Permintaan saat ini baru dari dua desa, dari Cikawungading dan Sindangkerta, sekarang kami masih salurkan," kata Irwan.

Dia mengatakan pendistribusian air bersih itu melibatkan sejumlah instansi lain yang menerjunkan empat kendaraan tangki air dengan kapasitas 15 ribu liter air.

"Kami sudah siapkan empat unit kendaraan pengangkut air, kami juga bekerja sama dengan instansi terkait lainnya, intinya kami akan terus suplai air bersih," katanya.

Sejumlah daerah di Tasikmalaya dilanda bencana kekeringan akibatnya banyak warga kesulitan mendapatkan air bersih.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close