Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sudah 4 Tahun KRI Teluk Mandar & KRI Teluk Penyu Tak Beroperasi, Lelang Jadi Solusi

Kamis, 27 Januari 2022 – 22:55 WIB
Sudah 4 Tahun KRI Teluk Mandar & KRI Teluk Penyu Tak Beroperasi, Lelang Jadi Solusi - JPNN.COM
Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono. Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf TNI AL Yudo Margono mengungkapkan dua bekas kapal perang, yakni KRI Teluk Mandar 514 dan KRI Teluk Penyu 513 diparkir selama bertahun-tahun. Penyebabnya, kedua alutsista itu tidak layak beroperasi.

"Sudah kami istirahatkan sejak empat tahun yang lalu," kata Yudo saat mengikuti rapat kerja Komisi I di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (27/1). Rapat itu membahas penjualan dua eks KRI tersebut.

Hal senada diungkapkan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Menurutnya, kondisi eks KRI Teluk Mandar 514 dan Teluk Penyu 513 tidak layak pakai.

Prabowo menuturkan bagian badan dan perpipaan dua KRI tersebut keropos. Selain itu, peralatan navigasi pada dua kapal buatan Korea Selatan itu juga mati.

"Permesinan, kelistrikan, peralatan navigasi dan komunikasi, serta instrumen di anjungan sudah tidak bisa digunakan lagi," tutur Prabowo.

Eks Panglima Kostrad itu menegaskan pemerintah tidak mau memaksakan perbaikan atas KRI Teluk Mandar 514 dan Teluk Penyu 513. Langkah itu didasari alasan efisiensi. 

Oleh karena itu, pemerintah memutuskan melego dua kapal tersebut. Nantinya, eks KRI Teluk Mandar 514  dijual melalui proses lelang dengan angka awal Rp 695 juta rupiah dan nilai perolehan Rp 121,89 miliar.

Adapun eks KRI Teluk Penyu 513 ditaksir sebesar Rp 4,91 miliar dengan nilai perolehan sebesar Rp 121,03 miliar.

Dengan alasan efisiensi, pemerintah tak mau memaksakan perbaikan pada KRI Teluk Mandar 514 dan KRI Teluk Penyu 513.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close