Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sudah Dua Kali Survei, Elektabilitas PDIP Menjadi yang Tertinggi

Rabu, 22 Juli 2020 – 22:12 WIB
Sudah Dua Kali Survei, Elektabilitas PDIP Menjadi yang Tertinggi - JPNN.COM
PDI Perjuangan. Ilustrasi Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Elektabilitas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kembali moncer. Dalam dua survei yang berbeda, PDIP selalu menempati posisi teratas partai pemilik elektabilitas tertinggi.

Survei teranyar Charta Politika Indonesia dengan judul "Trend 3 Bulan Kondisi Politik, Ekonomi, dan Hukum Pada Masa Pandemi COVID-19", elektabilitas PDIP tercatat 20,5 persen dan menjadi yang tertinggi di antara partai lain.

Elektabilitas milik PDIP itu jauh melampaui kepunyaan Partai Gerindra yang berada di tempat kedua. Survei Charta menyatakan elektabilitas Gerindra hanya tercatat 14,2 persen.

"PDIP masih ada di posisi pertama 20,5 persen dan yang kedua Gerinda dengan 14,2 persen," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam paparan survei secara virtual, Rabu (22/7).

Berturut-turut setelah Gerindra, partai dengan lektabilitas tertinggi berikutnya ditempati oleh Golkar (10,3 persen), PKB (8,7 persen) PKS (8,1 persen), NasDem (8,0 persen), dan Demokrat 6,0 persen.

"Selanjutnya PAN 2,3 persen dan PPP 2,2 persen," beber Yunarto.

Sebagai informasi, Charta Politika melakukan survei dari 6 hingga 12 Juli 2020 dengan metode wawancara melalui telepon. Dalam hal ini, Charta Politika melibatkan dua ribu responden.

Metode survei adalah simple random sampling dengan margin of error 2,19 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Untuk kriteria responden, minimal 17 tahun atau memenuhi syarat menjadi pemilih di Pemilu.

PDIP kembali menempati posisi teratas partai pemilik elektabilitas tertinggi berdasarkan hasil survei.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close