Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Suhardi: Generasi Muda Harus Kembalikan Jiwa Nasionalisme

Selasa, 13 Maret 2018 – 18:23 WIB
Suhardi: Generasi Muda Harus Kembalikan Jiwa Nasionalisme - JPNN.COM
Suhardi Alius. Foto: Ist for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius mengajak generasi muda Indonesia mengembalikan jiwa nasionalisme seperti yang pernah dilakukan para pahlawan saat merebut kemerdekaan.

Menurut dia, hal itu penting karena seiring dengan kemajuan teknologi informasi, identitas kebangsaan generasi muda ikut tereduksi oleh berbagai macam paham negatif, termasuk radikalisme dan terorisme.

“Fakta itulah yang membuat saya tidak pernah lelah memberikan wawasan kebangsaan kepada generasi muda, terutama mahasiswa. Ini penting mereka adalah generasi penerus bangsa dan masa depan Indonesia. Kalau ini tidak dilakukan saya khawatir akan banyak terjadi pengaruh buruk yang akan merusak bangsa dan negara ini,” ujar Suhardi saat memberikan kuliah umum kebangsaan di depan sekitar 4.000 mahasiswa Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN, Bintaro, Jakarta, Selasa (13/3).

Menurut Suhardi, generasi muda, terutama mahasiswa STAN, akan menjadi orang yang mengawaki instansi pemerintah di bidang keuangan.

Hal itulah yang membuat mereka harus punya nasionalisme serta profesionalisme yang kuat.

Dengan demikian, mereka bisa membawa negara Indonesia semakin maju, mandiri, dan kuat menghadapi serangan ideologi asing.

Dia memberikan contoh saat para pemuda Indonesia yang tergabung Jong Java, Jong Ambon, Jong Celebes, Jong Batak, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Sekar Rukun, PPPI, Pemuda Kaum Betawi, dan lain-lain, berani menggaungkan persatuan Indonesia melalui Sumpah Pemuda pada 29 Oktober 1928.

Tekad itu sangat luar biasa karena digaungkan 17 tahun sebelum Indonesia merdeka.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius mengajak generasi muda Indonesia mengembalikan jiwa nasionalisme

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close