Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sukses Gelar Sayembara, Jotun & Kementerian PUPR Kumpulkan Ratusan Desain Rusun Perkotaan

Jumat, 14 Juni 2024 – 04:07 WIB
Sukses Gelar Sayembara, Jotun & Kementerian PUPR Kumpulkan Ratusan Desain Rusun Perkotaan - JPNN.COM
Jotun bekerja sama dengan Kementerian PUPR sukses menggelar Sayembara Desain Purwa Rupa Rumah Susun Berkepadatan Tinggi. Foto: supplied

jpnn.com, JAKARTA - Perusahaan cat dan pelapis global terkemuka Jotun bekerja sama dengan Direktorat Perencanaan Teknis Rumah Susun, Direktorat Jenderal Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sukses menggelar Sayembara Desain Purwa Rupa Rumah Susun Berkepadatan Tinggi.

Sayembara ini berhasil menjaring 757 pendaftar dari seluruh Indonesia dan mengumpulkan 290 desain rusun karya anak bangsa.

Sepuluh desain terbaik dan tiga pemenang diumumkan pada malam penghargaan yang diselenggarakan di Jakarta, Jumat (7/6).

"Arsitek perlu untuk mempertimbangkan bahwa desain tidak hanya berorientasi pada standar pembangunan umum, tetapi juga memperhatikan banyak perubahan, terutama perilaku Gen Z yang mungkin memiliki kebutuhan ruang dan suasana yang berbeda serta kemudahan-kemudahan ain. Di aspek perencanaan, kita sudah mulai sederhanakan dengan menggunakan desain purwa rupa ini, yang tidak menutup kemungkinan memberikan peluang bagi kreativitas desain,” kata Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto.

Hunian vertikal menjadi alternatif solusi untuk mengatasi krisis perumahan akibat terbatasnya lahan di kota besar yang padat penduduk.

Dalam rangka mendukung program pengembangan perumahan dan memenuhi kebutuhan perumahan di kawasan perkotaaan, Jotun bersama Kementerian PUPR menginisiasi sayembara desain rumah susun 6 lantai yang mengedepankan aspek efisiensi dan efektivitas pemanfaatan ruang dan tanah, serta keterhubungan bangunan dengan interaksi sosial dan sistem transportasi.

Dibuka sejak 15 Januari hingga 31 Maret 2024, sayembara ini telah mengumpulkan 290 karya desain dari para peserta di seluruh Indonesia.

Setelah melalui proses seleksi yang ketat, sebanyak 229 karya terseleksi untuk mengikuti tahapan penjurian selanjutnya yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu penjurian tertutup pada 18 April 2024 dan penjurian terbuka untuk 10 finalis pada 25 April 2024.

Jotun bekerja sama dengan Kementerian PUPR sukses menggelar Sayembara Desain Purwa Rupa Rumah Susun Berkepadatan Tinggi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close