Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sukses Mengubah Wilayah Kumuh jadi Ekowisata, Bupati Tangerang Panen Penghargaan 

Rabu, 09 November 2022 – 21:54 WIB
Sukses Mengubah Wilayah Kumuh jadi Ekowisata, Bupati Tangerang Panen Penghargaan  - JPNN.COM
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar berhasil mengubah wilayah yang kumuh dan tertinggal di pesisir menjadi ekowisata. Foto Humas Pemkab Tangerang

jpnn.com, TANGERANG - Pemerintah berupaya menanggulangi kemiskinan ekstrem pada 212 kabupaten dan kota di 25 provinsi. Dari 147 di antaranya berada di wilayah pesisir.

Program penanggulangan kemiskinan ekstrem di wilayah pesisir dilakukan pemerintah dengan fokus pada perluasan pemberdayaan dan peningkatan pendapatan masyarakat.

Hal itulah yang dilakukan selama ini di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang. Melalui program Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai (Gerbang Mapan), Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar berhasil mengubah wilayah yang kumuh dan tertinggal di pesisir menjadi destinasi wisata dan sumber perekonomian baru bagi masyarakatnya.

"Fokus kami selain membenahi lingkungannya juga meningkatkan perekonomian masyarakat di kawasan pesisir, khususnya Ketapang," kata Bang Zaki di Jakarta, Rabu (9/11).

Kini, daerah yang dahulunya kumuh dan kotor itu berhasil diubah menjadi destinasi wisata Ketapang Aquaculture.

Selain itu, berkat konsistensinya membudidayakan mangrove, saat ini berbuah hasil dengan suksesnya perikanan di wilayah itu dengan udang vaname, bandeng dan lain-lain, juga mencegah abrasi. Padahal, sebelumnya air di sana kotor dan tidak layak untuk perikanan.

Keberadaan program itu juga membawa berkah bagi penduduk karena rumah-rumah yang tidak layak huni direlokasi dan diberikan pengganti secara gratis yang lebih layak, tertata rapi disertai berbagai fasilitas.

Tidak lupa sektor pendidikan, kesehatan dan sentra perdagangan juga dibenahi sehingga menggairahkan ekonomi lokal.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar panen penghargaan karena berhasil mengubah wilayah kumuh dan tertinggal di pesisir menjadi ekowisata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close