Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sumsel Gratiskan Biaya Kesehatan

Rabu, 14 Januari 2009 – 16:00 WIB
Sumsel Gratiskan Biaya Kesehatan - JPNN.COM
 JAKARTA - Janji Gubernur Sumsel Alex Noerdin untuk membebaskan biaya kesehatan bagi masyarakat miskin di Sumsel sepertinya segera terealisasi. Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Zulkarnain Noerdin kemarin melakukan MoU ke RSCM (Rumah Sakit Dr Cipto Mangunkusumo) dan RS Jantung Harapan Kita, Jakarta. Dua RS itu menjadi rujukan pasien program Jamsoskes (Jaminan sosial kesehatan) Sumsel semesta.

Pemprov Sumsel sendiri sudah menyiapkan dana Rp320 miliar, terdiri dari Rp240 M APBD Provinsi dan Rp81 M APBD Kabupaten/Kota. Setelah dilakukan MoU, Pemprov Sumsel akan melaunching program ini pada 22 Januari 2009 di Palembang.”Kerjasama ini untuk semua, namanya sistem rujukan tersier kelas A, MoU/ kerjasama jejaring, nanti RSMH kalau memang perlu pelayanan yang lebih tinggi ke sini (RSCM dan RS Jantung Harapan Kita),” terang Zulkarnain, Rabu (14/1).

Ada beberapa keuntungan yang didapat, kata Zul, tak ada lagi penyakit yang tak bisa dilayani karena sistem pelayanan rujukan itu terkait kemampuan pelayanan. ”Bila ada pasien yang tak mampu ditangani di puskesmas, RS kabupaten/kota, RS kelas B provinsi (RSMH), berarti kesini (RSCM). Tegasnya, tak ada lagi kasus penyakit yang tak bisa dilayani,” paparnya didampingi Kabid Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Elyu Chomisah.

Sejumlah pejabat RSCM menerima Kadinkes Sumsel dan rombongan, mereka itu diantaranya Direktur Keuangan dr Priadi, dr Rudi, Kepala Bagian Pemasaran Poniwati, dan koordinator humas Yati Bahar.

 JAKARTA - Janji Gubernur Sumsel Alex Noerdin untuk membebaskan biaya kesehatan bagi masyarakat miskin di Sumsel sepertinya segera terealisasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA