Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei: 40 Persen Data Pengguna di Asia Pasifik Diretas

Jumat, 29 Mei 2020 – 23:23 WIB
Survei: 40 Persen Data Pengguna di Asia Pasifik Diretas - JPNN.COM
Hacker. Ilustrasi: Daily Telegraph/Alamy

jpnn.com - Dalam laporan survei Kaspersky, mengungkapkan bahwa 40 persen konsumen di Asia Pasifik (APAC) menghadapi insiden kebocoran informasi pribadi, yang diakses oleh orang lain tanpa persetujuan.

Sementara itu, lebih dari 5 dari 10 pengguna online di wilayah ini menyatakan keprihatinan yang sama dalam hal menjaga kehidupan virtual dan fisik mereka.

"Data kami menunjukkan perilaku online yang cukup kompleks di wilayah kita. Ini sesungguhnya merupakan kemajuan yang disambut baik dimana sebagian besar konsumen sekarang cukup memahami privasi online, tetapi kebiasaan virtual dan pengetahuan keamanan mereka masih membutuhkan perubahan," ujar Managing Director untuk Asia Pasifik di Kaspersky, Stephan Neumeier, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Kaspersky menyebutkan beberapa pelanggaran melibatkan insiden berupa akun yang diakses tanpa izin (40 persen), pengambil-alihan perangkat secara ilegal (39 persen), pencurian dan penggunaan data rahasia (31 persen).

Adapula data pribadi yang diakses oleh seseorang tanpa persetujuan, dan penyebaran informasi pribadi secara publik (20 persen).

Namun, penelitian yang sama menemukan bahwa lebih dari seperlima pengguna, masih dengan sukarela membagikan privasi mereka untuk mendapatkan produk atau layanan secara gratis.

Sebanyak 24 persen responden lainnya juga lalai dalam menjaga privasi dengan membagikan detail akun media sosial untuk kuis hiburan, seperti apakah jenis bunga atau selebriti yang mirip dengan mereka.

Selain itu, dua dari sepuluh konsumen yang disurvei juga mengakui bahwa mereka membutuhkan bantuan untuk mempelajari bagaimana cara melindungi privasi secara online.

Dalam laporan survei Kaspersky, mengungkapkan bahwa 40 persen konsumen di Asia Pasifik (APAC) menghadapi insiden kebocoran informasi pribadi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close