Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei ASI: Sandiaga Uno Masuk Radar Capres Potensial 2024

Minggu, 12 Desember 2021 – 16:31 WIB
Survei ASI: Sandiaga Uno Masuk Radar Capres Potensial 2024 - JPNN.COM
Seminar nasional Jaringan Milenial Indonesia (JMI) dengan tema 'Refleksi Akhir Tahun: Dampak Elektoral Prestasi Menteri pada Pilpres 2024 di D Hotel Jakarta Selatan, Sabtu (11/12). Foto: dokumen JMI

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno masuk radar capres potensial pada Pilpres 2024.

Hasil survei yang dilakukan Arus Survei Indonesia (ASI) pada 1-7 Mei 2021, itu menunjukkan bahwa mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, tersebut menempati posisi capres paling potensial dari klaster menteri.

Direktur Arus Survei Indonesia, Ali Rif’an mengatakan Sandiaga Uno menempati posisi paling atas sebagai menteri yang paling tinggi elektabilitasnya dengan raihan 13,5 persen, di bawahnya ada Menteri BUMN Erick Thohir dengan elektabilitas 11,9 persen, dan Nadiem Makarim dengan elektabilitas 10,9 persen.

“Jadi memang ada dampak elektoral dari prestasi menteri. Menteri dengan kinerja bagus dan namanya sudah dikenal pemilih, cenderung tinggi elektabilitasnya. Namun tentunya, yang namanya prestasi, ceruk pemilih yang disasar adalah pemilih rasional,” kata Ali dalam seminar nasional Jaringan Milenial Indonesia (JMI) dengan tema 'Refleksi Akhir Tahun: Dampak Elektoral Prestasi Menteri Pada Pilpres 2024 di D Hotel Jakarta Selatan, Sabtu (11/12).

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menambahkan, temuan survei ASI yang memunculkan klaster menteri cukup menarik dicermati.

Sebab selama ini, kandidasi Pilpres 2024 umumnya dikunci di klaster elit partai dan kepala daerah. Nama-nama capres yang muncul selalu dari dua klaster ini, kalau bukan kepala daerah, ya elit parpol.

“Ini menunjukkan, politik itu dinamis dan pemilih mulai mencari nama-nama baru yang masih segar. Maka muncullah klaster menteri. Di antara nama menteri yang sering muncul, nama Sandiaga Uno adalah yang paling menarik. Tren elektabilitas Sandi naik terus, bahkan selalu berada di lima besar dalam setiap survei Capres 2024,” tuturnya.

Adi menilai, naiknya elektabilitas Sandi ditopang setidaknya tiga faktor. Pertama, sebagai menteri dianggap berhasil. Itu terpotret dari banyak survei yang belakangan dirilis sejumlah lembaga survei.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno masuk radar capres potensial pada Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close