Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei Capres: Prabowo Terpopuler tetapi Ganjar Pranowo Paling Disukai

Jumat, 08 Oktober 2021 – 09:29 WIB
Survei Capres: Prabowo Terpopuler tetapi Ganjar Pranowo Paling Disukai - JPNN.COM
Prabowo Subianto. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) melakukan survei untuk mengetahui hubungan dari pengetahuan dan kesukaan pemilih terhadap elektabilitas calon presiden.

Direktur riset SMRC Deni Irvani mengatakan seseorang memilih calon presiden dipengaruhi oleh faktor psikologis dan kognisi (pengetahuan).

"Bila pemilih tahu semua calon yang bersaing maka yang menentukan bukan lagi tahu tetapi faktor lain, termasuk suka pada calon," kata Deni, Kamis (7/10).

SMRC melakukan survei terhadap 1.220 responden yang sudah berusia 17 tahun atau sudah menikah di seluruh Indonesia.

Metode survei ini dilakukan dengan wawancara secara tatap muka yang dilakukan pada 15 hingga 21 September 2021.

Berdasarkan hasil survei ini, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi tokoh yang paling populer karena jumlah responden yang mengetahuinya sebanyak 98 persen, disusul Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebanyak 85 persen.

Meski begitu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi tokoh yang paling disukai dengan jumlah 85 persen responden yang menyukainya.

Kemudian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berada di posisi kedua sebagai tokoh yang paling disukai dengan 84 persen.

SMRC melakukan survei untuk mengetahui hubungan dari pengetahuan dan kesukaan pemilih terhadap elektabilitas calon presiden.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close