Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei indEX: Demokrat Meroket, PKS Anjlok, NasDem Paling Parah

Kamis, 29 Desember 2022 – 18:33 WIB
Survei indEX: Demokrat Meroket, PKS Anjlok, NasDem Paling Parah - JPNN.COM
Hasil Survei Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research terkait tren elektabilitas partai politik, diterima di Jakarta, Kamis (29/12/2022). Foto: ANTARA/HO-indEX

jpnn.com, JAKARTA - Survei Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research menunjukkan peningkatan elektabilitas Partai Demokrat, yakni dari 4,7 persen pada Juli 2022 menjadi 7,4 persen pada Desember 2022.

"Di tengah stagnan nya partai-partai politik, Demokrat justru mengalami kenaikan tingkat elektabilitas," ucap Direktur Eksekutif indEX Research Vivin Sri Wahyuni dalam hasil survei yang diterima di Jakarta, Kamis.

PDIP masih tetap unggul dengan elektabilitas mencapai 18,5 persen, disusul oleh Gerindra sebesar 12,0 persen. Peringkat ketiga diraih Demokrat dengan elektabilitas 7,4 persen.

Melejit nya elektabilitas Demokrat menggeser Golkar ke peringkat keempat, sebesar 7,1 persen. Seperti halnya PDIP dan Gerindra, tren elektabilitas Golkar cenderung stagnan.

Demikian pula dengan PKB yang meraih elektabilitas 6,8 persen. Sementara itu, Partai Solidaritas Indonesia juga mengalami kenaikan elektabilitas, kini mencapai 6,2 persen.

Hanya PKS yang mengalami penurunan elektabilitas, sekarang tersisa 5,6 persen.

Menurut Vivin, belum ada peningkatan eskalasi politik yang berarti sepanjang tahun 2022.

Terbentuknya koalisi partai-partai seperti Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya masih sebatas penjajakan dan upaya untuk konsolidasi.

Demokrat, PKS dan NasDem sama-sama mendukung Anies Baswedan. Namun, menurut survei indEX, nasib ketiganya tidak serupa

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close