Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei Indikator Sebut Suara PAN Melejit di Atas Parliamentary Threshold

Jumat, 18 Agustus 2023 – 22:44 WIB
Survei Indikator Sebut Suara PAN Melejit di Atas Parliamentary Threshold - JPNN.COM
Survei Indikator Politik Indonesia Tingkat mencatat tingkat keterpilihan Partai Amanat Nasional (PAN) mengalami peningkatan signifikan jelang pemilu. Foto: Humas DPP PAN for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Survei Indikator Politik Indonesia mencatat tingkat keterpilihan Partai Amanat Nasional (PAN) mengalami peningkatan signifikan jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

Adapun periode 15-21 Juli 2023, dukungan kepada PAN mencapai di atas ambang batas parlemen (parliamentary threshold), tepatnya 4,3 persen.

Peneliti utama Indikator Burhanuddin Muhtadi menyampaikan pencapaian PAN itu adalah yang tertinggi dibandingkan 3 tahun terakhir. 

"April 2020 sampai April 2023, PAN itu umumnya antara 1,5 sampai dua persen. Tetapi beberapa bulan terakhir, Juni dan Juli, PAN mengalami peningkatan," ucap Burhanuddin dalam paparannya, Jumat (19/8).

"Pada Juni, (elektabilitas PAN) 3,1; di survei terakhir, 4,3 persen. Menurut saya, ini ada indikasi menarik," sambungnya.

Menurut Burhanuddin, ambang batas parlemen adalah batas minimum bagi partai politik (parpol) untuk dapat menempatkan anggotanya duduk di DPR jika perolehan suaranya pada pemilu memenuhinya. 

Ambang batas parlemen untuk Pemilu 2024 ditetapkan empat persen.

Survei ini digelar Indikator dengan melibatkan 1.811 responden yang merupakan warga negara Indonesia (WNI) dan telah memiliki hak pilih. Responden tersebar di 34 provinsi se-Indonesia.

Survei Indikator Politik Indonesia Tingkat mencatat tingkat keterpilihan Partai Amanat Nasional (PAN) mengalami peningkatan signifikan jelang pemilu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close