Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei JJI: Airlangga Meraih Elektabilitas Tertinggi, Berpeluang Menang di Pilpres

Minggu, 25 Juni 2023 – 15:15 WIB
Survei JJI: Airlangga Meraih Elektabilitas Tertinggi, Berpeluang Menang di Pilpres - JPNN.COM
Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTAJaringan Jurnalis Indonesia (JJI) melakukan jajak pendapat tentang keinginan masyarakat terkait sosok presiden di masa mendatang.

Adapun jajak pendapat ini diberi tema “Potret Suara Masyarakat Jelang Pemilu 2024.

Survei JJI dilakukan 8 -21 Juni 2023 dengan jumlah sample 2.280 warga negara Indonesia yang sudah memiliki hak pilih saat Pemilu 2024, tersebar di 488 kabupaten/kota secara proposional sesuai besaran komposisi DPT Pemilu 2019.

Hasil survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error kurang lebih 2,05 persen.

Dari hasil penelitian ini didapati bahwa jumlah responden yang pernah memberikan hak pilih pada pemilu lalu sebanyak 60,7 persen, dan yang baru akan memberikan hak pilihnya pada Pemilu 2024 sebanyak 39,3 persen. 

Koordinator JJI Agusta Irawan objek penelitian ini ialah tokoh bakal capres yang sangat mungkin bisa maju sebagai capres pada Pilpres 2024, yaitu Airlangga Hartarto, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto, serta parpol yang ada di DPR RI saat ini. 

Agusta menyatakan dalam penelitian ini didapati bahwa mayoritas responden atau 90,8 persen menginginkan sosok capres dan cawapres yang mampu menerapkan kebijakan pro stabilitiy, pro jobs, pro environment.

Agusta mengungkapkan kriteria sosok presiden yang diinginkan masyarakat dari sisi kemampuan.

Elektabilitas Airlangga Hartarto tertinggi berdasar survei yang dilakukan JJI. Airlangga berpeluang menang di pilpres jika mesin politik Golkar terus bergerak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close