Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei Point Indonesia Tunjukkan Peluang Pemilu Sekali Putaran Makin Nyata

Rabu, 31 Januari 2024 – 22:59 WIB
Survei Point Indonesia Tunjukkan Peluang Pemilu Sekali Putaran Makin Nyata - JPNN.COM
CEO Point Indonesia, Karel Harto Susetyo menyampaikan hasil temuan risetnya untuk membaca potensi keterpilihan 3 paslon yang tengah berkompetisi dalam Pilpres 2024, Rabu (31/1/2024). Foto: dok Point Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - CEO Point Indonesia, Karel Harto Susetyo menyampaikan hasil temuan risetnya untuk membaca potensi keterpilihan 3 paslon yang tengah berkompetisi dalam Pilpres 2024.

Dari hasil temuannya, Karel menyebut bahwa paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mendapati persentase tertinggi jauh dari dua rivalnya, yakni Anies-Imin maupun Ganjar-Mahfud sekalipun.

Bahkan kata Karel, paslon nomor urut 02 cenderung memiliki kecenderungan peluang sangat besar untuk menang satu putaran saja jika melihat nilai persentase elektabilitasnya.

"Tingkat probabilitas pemilu untuk memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden akan berlangsung sekali putaran tinggi, di mana pasangan calon nomor urut 02 tampil dengan tingkat elektabilitas 52,9 persen," kata Karel dalam rilis surveinya pada hari Rabu (31/1).

Sementara itu, untuk paslon nomor urut 01 yakni Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar mendapatkan 22,7%. Kemudian untuk paslon nomor urut 03 Ganjar-Mahfud berada di 19,1%. Lantas untuk undecided voters saat riset ini dilakukan adalah 5,3%.

Dari penjelasan Karel, ada catatan yang perlu diperhatikan oleh paslon nomor urut 03, di mana ada migrasi besar-besaran terjadi di simpatisan mereka. Lantas migrasi dukungan tersebut justru melemahkan mereka dan menambah kekuatan paslon lain.

"Paslon nomor urut 01 Anies-Muhaimin menempati posisi kedua namun bukan karena adanya penambahan dukungan tetapi lebih kepada migrasi besar-besaran dukungan terhadap paslon nomor urut 03 ke nomor urut 02," tutur Karel.

Lantas, potensi kemenangan satu putaran ini menurut Karel tidak muluk-muluk. Sebab, masih dalam data risetnya, mayoritas responden sudah menetapkan bahwa pilihan mereka sudah sangat bulat.

Potensi kemenangan satu putaran ini menurut Karel tidak muluk-muluk, sebab mayoritas responden sudah menetapkan bahwa pilihan mereka sudah final

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close