Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei SMRC, Duet Ganjar-Mahfud Ungguli Anies-Muhaimin

Kamis, 28 September 2023 – 21:46 WIB
Survei SMRC, Duet Ganjar-Mahfud Ungguli Anies-Muhaimin - JPNN.COM
Bakal capres Ganjar Pranowo menikmati kopi bersama Menko Polhukam Mahfud MD. Foto: Instagram @ganjar_pranowo

jpnn.com, JAKARTA - Duet pasangan capres dan cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD elektabilitasnya lebih unggul di Jawa Timur, ketimbang Prabowo Subianto-Erick Thohir dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Hal ini terekam dalam survei terbaru Saiful Mujani Research And Consulting (SMRC).

“Di Jawa Timur, dukungan pada pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 12 persen, Ganjar Pranowo-Mahfud MD 45 Persen, Prabowo Subianto-Erick Thohir 28 persen, dan tidak jawab 14 persen,” ujar Pendiri SMRC, Saiful Mujani dalam keterangan resmi, Kamis (28/9).

Saiful menuturkan dalam survei ini, dibuat simulasi pasangan Anies-Muhaimin berhadapan dengan Ganjar-Mahfud MD dan Prabowo-Erick. 

Saiful menyimpulkan bahwa setelah sekitar dua atau tiga minggu pasca-deklarasi Anies-Muhaimin, dukungan pada pasangan ini di Jawa Timur belum mengalami perkembangan. 

“Mungkin butuh waktu yang lebih lama lagi untuk mengkampanyekan pasangan Amin ini (agar lebih berkembang). Setidak-tidaknya sampai survei terakhir ini (20-22 September 2023), kita belum melihat adanya perkembangan positif terhadap pasangan ini,” katanya.

Lebih lanjut, Saiful mengatakan bahwa pasangan Muhaimin yang menjadi calon wakil presiden mendampingi Anies adalah satu langkah politik yang tidak diperkirakan sebelumnya. 

Menurut Saiful, walaupun Muhaimin adalah ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), namun paska-Gus Dur, belum pernah menjadi calon wakil presiden mana pun. 

Duet pasangan capres dan cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD elektabilitasnya lebih unggul di Jawa Timur, ketimbang Prabowo Subianto-Erick Thohir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close