Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei SMRC: Kasus Arteria Dahlan Berdampak Negatif terhadap Elektabilitas PDIP

Selasa, 15 Februari 2022 – 19:15 WIB
Survei SMRC: Kasus Arteria Dahlan Berdampak Negatif terhadap Elektabilitas PDIP - JPNN.COM
Ilustrasi PDI Perjuangan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menemukan elektabilitas PDI Perjuangan di Jawa Barat tergerus akibat pernyataan Arteria Dahlan. SMRC telah melakukan survei kepada masyarakat Jabar. 

"Isu atau kasus Arteria Dahlan terkait etnis Sunda berdampak negatif terhadap elektabilitas PDI Perjuangan," kata Manajer Program SMRC Saidiman Ahmad merilis hasil survei bertajuk Partai, Gubernur, dan Presiden: Pandangan Publik Jawa Barat, Selasa (15/2). 

Saidiman menjelaskan ada sekitar 66 persen warga Jawa Barat yang mengetahui kasus pernyataan Arteria Dahlan yang dinilai menyinggung etnis Sunda. 

Dari 66 persen yang tahu, mayoritas atau 64 persen setuju pernyataan anggota DPR RI itu menyinggung etnis Sunda. 

Dalam survei itu, lanjut Saidiman, masyarakat Jabar juga dimintai pandangan mengenai sikap dan protes Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono atas kasus Arteria Dahlan tersebut. 

Dari 66 persen warga Jabar yang tahu kasus tersebut, ada 45 persen yang mengetahui Ono Surono mengirimkan protes dan permintaan ke DPP PDIP agar memberikan sanksi yang berat pada Arteria. 

“Dari mereka yang tahu sikap dan langkah DPD PDIP Jabar tersebut, hampir semua 89 persen menyatakan suka. Hanya ada 6 persen yang tidak suka dan 5 persen yang tidak punya sikap,” ujar Saidiman. 

Menurut Saidiman, dukungan kepada PDIP dari kelompok warga yang tahu kasus tersebut 14 persen lebih rendah dibanding yang tidak tahu adanya perkara itu, yakni 21 persen. 

SMRC mengungkap temuan elektabilitas PDIP pascakasus Arteria Dahlan yang dianggap menyinggung etnis Sunda. Masyarakat Jawa Barat menginginkan hukuman berat terhadap Arteria.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close