Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei Terbaru Voxpol, Mahyeldi - Audy Calon Pemimpin Paling Sederhana

Rabu, 25 November 2020 – 17:37 WIB
Survei Terbaru Voxpol, Mahyeldi - Audy Calon Pemimpin Paling Sederhana - JPNN.COM
Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago. Foto: Dokpri for JPNN.com

jpnn.com, PADANG - Lembaga Voxpol Center, Research and Consulting merilis survei terbarunya terkait persepsi masyarakat Sumatera Barat (Sumbar) terhadap kandidat calon gubernur dan calon wakil di Ranah Minang.

Berdasarkan hasil survei itu, pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur (Cagub - Cawagub) Mahyeldi - Audy Joinaldy dinilai sebagai sosok pemimpin yang paling sederhana dan merakyat dengan raihan 25,0 persen suara responden.

Disusul oleh pasangan Nasrul Abit - Indra Catri sebesar 23,0 persen, Mulyadi-Ali Mukhni sebesar 21,4 persen, dan Fakhrizal - Genius Umar sebesar 5,6 persen. Sedangkan 10,9 persen responden masih merahasiakan jawaban, dan tidak tahu atau tidak menjawab 14,1 persen.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, Mahyeldi disebut sebagai Cagub Sumbar paling sederhana juga tertuang dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dari masing-masing calon yang diakses dari situs KPK, Rabu per 9 September.

"Dari laporan tersebut, calon gubernur Sumbar yang paling sederhana adalah Mahyeldi," kata Pangi Syarwi Chaniago dalam keterangan resminya kepada awak media, Rabu (25/11).

Menurut Pangi, data tersebut menunjukkan bahwa pasangan Mahyeldi - Audy Joinaldy punya kans mendapatkan simpati dan dukungan yang lebih luas dari segmen pemilih di Sumbar.

Artinya, kata dia, pasangan ini punya kesempatan yang lebih besar memenangkan kontestasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar yang diselenggarakan serentak pada 9 Desember mendatang.

Analis politik yang beken disapa dengan panggilan Ipang ini juga menerangkan, faktor kesederhanaan menjadi salah-satu alasan utama rakyat mencintai para pemimpinnya.

Penilaian ini didasarkan hasil survei Voxpol Center yang dilakukan pada 2 -12 November 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close