Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei Terkini, Elektabilitas PKS Tertinggi, Gerindra? Duh

Senin, 30 November 2020 – 16:10 WIB
Survei Terkini, Elektabilitas PKS Tertinggi, Gerindra? Duh - JPNN.COM
Pangi Syarwi Chaniago. Foto: dokumen JPNN.Com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Survei terbaru Voxpol Center Reseach and Consulting di Sumatera Barat (Sumbar) menunjukkan dominasi Partai Keadilan Sejahtera atau PKS.

Hasil survei tersebut memperlihatkan elektabilitas partai yang kini dipimpin Ahmad Syaikhu melejit, jauh di atas Partai Gerindra yang dipimpin oleh Prabowo Subianto.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research & Consulting Pangi Syarwi Chaniago dalam keterangan resminya, Senin (30/11) mengatakan, pengukuran tingkat elektabilitas partai politik ini dilakukan lembaganya menjelang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar.

“Temuan pokok dan analisis hasil survei, Partai Keadilan Sejahtera saat ini unggul di Sumatera Barat," ucap Pangi.

Dia menjelaskan, berdasarkan survei yang dilakukan, elektabilitas partai politik jelang Pilgub Sumbar mengalami pergeseran cukup tajam.

Di mana, elektabilitas PKS kini memimpin dengan perolehan 20,3 persen. Disusul kemudian oleh Partai Gerindra pada peringkat kedua sebesar 13,8 persen.

Berikutnya berturut-turut ada Partai Demokrat (12,4 persen), Partai Golkar (5,8 persen), PAN (5,0 persen), Nasdem (4,8 persen), PKB (3,1 persen), PDIP (2,0 persen), lainnya 2,9 persen. Tidak memilih 0,3 persen, rahasia 13,6 persen dan tidak tahu/tidak jawab 16,0 persen.

Pangi mengatakan, pergeseran suara pemilih partai politik di Sumbar berkorelasi linear dengan perkembangan isu-isu politik nasional yang berpengaruh terhadap paprol yang tergabung dalam koalisi pemerintah.

Survei terbaru Voxpol Center Reseach and Consulting disampaikan Direktur Eksekutifnya Pangi Syarwi Chaniago.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close