Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei Y-Publica: Agustina-Iswar Unggul Atas Yoyok-Joko di Pilkada Semarang

Selasa, 17 September 2024 – 01:02 WIB
Survei Y-Publica: Agustina-Iswar Unggul Atas Yoyok-Joko di Pilkada Semarang - JPNN.COM
Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono seusai merilis hasil survei lembaganya di Semarang, Senin (16/9). Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei Y-Publica pada 7-12 September 2024 menunjukkan elektabilitas pasangan yang diusung oleh PDI Perjuangan, Agustina Wilujeng Pramestuti dan Iswar Aminuddin jauh mengungguli pasangan yang diusung oleh koalisi 17 partai, Yoyok Sukawi dan Joko Santoso di Pilkada Semarang.

“Elektabilitas Agustina-Iswar sebesar 35,4 persen, sementara Yoyok-Joko mendapat 29,7 persen. Namun, dinamika elektabilitas dua pasang kandidat masih bisa dinamis,” kata Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono, dalam acara rilis survei di Semarang, Senin (16/9).

Rudi mengungkapkan jumlah responden yang belum memutuskan pilihan masih sangat besar, yakni 30,2 persen.

Sementara 4,7 responden menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

“Sebagian besar undecided voters adalah kelas menengah dan terpelajar. Mereka belum memutuskan pilihan politik karena masih menunggu masa kampanye dan sosialisasi visi-misi kandidat,” ungkapnya.

Menurut Rudi, karena jumlahnya yang cukup besar, yakni sepertiga dari pemilih, maka keberadaan undecided voters bisa menjadi kekuatan penentu hasil akhir Pilkada.

Faktor Pendongkrak Elektabilitas

Rudi menyampaikan meskipun pengumuman Agustina-Iswar baru terjadi pada akhir Agustus lalu, namun awareness dan keberterimaan pasangan ini cukup tinggi.

Hasil survei Y-Publica pada 7-12 September 2024 menunjukkan elektabilitas pasangan yang diusung oleh PDIP Agustina Wilujeng Pramestuti-Iswar Aminuddin unggul.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA