Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Syarief Demokrat Tantang Dewas KPK Membuktikan Ini

Jumat, 20 Desember 2019 – 20:15 WIB
Syarief Demokrat Tantang Dewas KPK Membuktikan Ini - JPNN.COM
Dewan Pengawas KPK (kiri ke kanan) Syamsuddin Haris, Harjono, Artidjo Alkostar, Tumpak Hatorangan Panggabean (ketua) dan Albertina Ho. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Syarief Hasan menilai lima nama yang dipilih menjadi Dewan Pengawas atau Dewas KPK bisa memperkuat kinerja lembaga antirasuah itu di dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi ke depan.

Terlebih lagi, kata Syarief, revisi Undang-Undang KPK bertujuan untuk memperkuat lembaga antikorupsi itu. Karena itu, keberadaan Dewas KPK diharapkan bisa melakukan supervisi maupun bekerja sama dengan komisioner KPK yang baru.

"Besar harapan rakyat, bisa dilakukan dan berjalan dengan bagus," tegasnya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (20/12).

Ia mengingatkan dan berharap Dewan Pengawas KPK bisa membuktikan diri bukan sebagai perpanjangan tangan pemerintah. "Tentunya harapan kami, itu sekaligus menepis pandangan orang lain bahwa Dewas bisa menjadi perpanjangan tangan pemerintah," ungkapnya.

Kendati demikian, wakil ketua umum Partai Demokrat itu percaya susunan anggota Dewas yang ada ini betul-betul sesuai diharapkan yaitu memperkuat KPK.

Dia yakin kehadiran sosok seperti Artidjo Alkostar, tidak akan berseberangan dengan para komisioner KPK. "Tidak. Saya pikir Dewas ini kolektif kolegial, tidak sendiri," katanya.

Ia menyatakan tentu kerja Artidjo saat di Mahkamah Agung sebagai hakim agung dan ketua kamar pidana, tentu berbeda dengan Dewas KPK.

"Tidak perlu khawatir. Beri kesempatan untuk bekerja maksimal bagaimana fungsi serta tugas yang diberikan UU kepada Dewas dan komisioner KPK betul-betul dilakukan dengan maksimal," ujarnya. (boy/jpnn)

Keberadaan Dewas KPK diharapkan juga bisa melakukan supervisi maupun bekerja sama dengan komisioner yang baru.

Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close