Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Syarief Hasan: Kudeta Jadi Preseden Buruk Bagi Demokrasi

Senin, 22 Maret 2021 – 20:03 WIB
Syarief Hasan: Kudeta Jadi Preseden Buruk Bagi Demokrasi - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan. Foto: Humas MPR.

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mendesak militer Myanmar menghentikan segala bentuk kekerasan terhadap demonstran.

Menurut legislator Partai Demokrat itu, kekerasan yang terjadi di Myanmar telah menimbulkan korban jiwa dan kerusakan yang sangat besar terhadap demokrasi.

Oleh karena itu, dia menilai pernyataan Presiden Jokowi adalah wujud nyata dari peran Indonesia dalam menjaga stabilitas komunitas global dan Demokrasi khususnya di kawasan ASEAN.

"Sejak awal, Indonesia hadir untuk membela dan memperjuangkan negara ataupun komunitas masyarakat yang tertindas di berbagai belahan dunia," kata Syarief di Jakarta, Senin (22/3).

Dia menyebut kekerasan yang terjadi di Myanmar pasca kudeta militer telah menarik perhatian negara lain. Sehingga, sikap pemerintah Indonesia mendesak otoritas Myanmar menghentikan kekerasan terhadap para demonstran harus didukung.

"Keselamatan dan kesejahteraan masyarakat dan menegakkan demokrasi menjadi prioritas utama," ucap mantan Menteri Koperasi dan UKM itu.

Anggota Komisi I DPR itu menyebut langkah Presiden Jokowi merupakan wujud nyata implementasi dari politik luar negeri bebas aktif.

"Indonesia harus mengambil peran sebagaimana yang termaktub dalam Pembukaan UUD NRI 1945 alinea keempat yakni ikut melaksanakan ketertiban dunia," kata Syarief Hasan.

Wakil Ketua MPR Syarief Hasan meminta Presiden Jokowi terhadap pihak yang mengudeta AHY di Partai Demokrat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close