Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tak Disangka, Puncak Arus Mudik Melalui Pelabuhan Belawan di Luar Prediksi

Senin, 08 April 2024 – 23:07 WIB
Tak Disangka, Puncak Arus Mudik Melalui Pelabuhan Belawan di Luar Prediksi - JPNN.COM
Kapal Pelni KM Kelud (kanan) bersandar di Pelabuhan Belawan, Medan. Foto: ANTARA/Fransisco Carolio

jpnn.com, MEDAN - Puncak arus mudik dengan KM Kelud di Medan, yang merupakan waktu turunnya penumpang di Pelabuhan Belawan pada Senin ini terjadi di luar prediksi.

Kepala Cabang PT Pelni Medan Biwa Abi Laksana menyebut penumpang yang turun di Medan dengan KM Kelud pada Senin (8/4) sebanyak 3.741 orang atau sesuai kapasitas maksimal KM Kelud selama masa Lebaran 2024.

"Ini di luar prediksi kami. Ini menjadi puncaknya," ujarnya di Medan, Sumatera Utara, Senin.

Biwa melanjutkan awalnya Pelni Medan yakin puncak kedatangan penumpang di Pelabuhan Belawan saat masa mudik adalah pada Sabtu (6/4) atau akhir pekan sebelum cuti bersama, Minggu (8/4).

Namun, pada hari itu, jumlah penumpang KM Kelud yang menjejakkan kakinya di Pelabuhan Belawan adalah 3.548 orang. Mereka berangkat dari Batam, Kepulauan Riau.

Kemudian, satu kapal Pelni yang dioperasikan ke Medan selama masa Lebaran yakni KM Dorolonda juga membawa lebih dari 3.000 penumpang ke Pelabuhan Belawan.

"Pada Minggu (7/4), ada 3.027 penumpang yang turun di Belawan dari KM Dorolonda. Itu lebih dari 90 persen dari kapasitas penumpang maksimal KM Dorolonda selama masa Lebaran 2024 yaitu 3.141 orang," kata Biwa.

Adapun PT Pelni (Persero) menetapkan masa angkutan Lebaran 2024 berlangsung pada 26 Maret sampai dengan 26 April atau H-15 hingga H+15 Idulfitri 1445 Hijriah.

Puncak arus mudik dengan KM Kelud di Medan, yang merupakan waktu turunnya penumpang di Pelabuhan Belawan pada Senin ini terjadi di luar prediksi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close