Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tak Putus Asa Wujudkan Organ Transplant Center

Selasa, 25 Mei 2010 – 07:59 WIB
Tak Putus Asa Wujudkan Organ Transplant Center - JPNN.COM
SURABAYA - Kegigihan Slamet Hadi Syahputra dalam melawan komplikasi di tubuhnya benar-benar menjadi inspirasi bagi banyak orang. Tak terkecuali, tim dokter RSUD dr Soetomo yang menanganinya sejak pra-transplantasi hingga akhir hayat balita yang tadinya bernama Ramdan Aldil Saputra itu Minggu (23/5) pagi. Meskipun akhirnya harus kehilangan Putra (panggilan baru Ramdan), semangat bocah 3,5 tahun asal Gandusari, Trenggalek, itu menjadi kekuatan bagi tim dokter untuk mewujudkan mimpi mereka mendirikan pusat transplantasi liver di Indonesia Timur.

"Kami tidak putus asa. Putra bisa bertahan sampai sebulan, itu artinya secara teknis transplantasi livernya berhasil," kata ketua tim liver transplant RSUD dr Soetomo, dr Sjamsul Arief SpA(K) MARS, kepada Jawa Pos kemarin (24/5).

Seperti diketahui, Putra memang akhirnya meninggal karena Acute Respiratory Distress Syndrome (ARDS) atau gagal napas. Problem itu muncul karena komplikasi yang terjadi dalam tubuh Putra. Mulai infeksi bakteri acinetobacter pada paru-parunya, hingga efek transfusi darah supermasif  hingga 16 liter yang diduga memengaruhi sistem organ-organ dalam tubuhnya.

Sejak ditransplantasikan pada 24 April lalu, fungsi liver baru Putra juga relatif tak bermasalah. Liver cangkok yang merupakan bagian dari liver sang ibu, Sulistyowati, itu hanya pernah menunjukkan gejala mild acute rejection (penolakan liver stadium ringan) pada 2 Mei lalu.

SURABAYA - Kegigihan Slamet Hadi Syahputra dalam melawan komplikasi di tubuhnya benar-benar menjadi inspirasi bagi banyak orang. Tak terkecuali,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA