Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tak Takut dengan KKB di Papua, Bamsoet Tetap Menuju ke Kawasan Freeport

Rabu, 04 Maret 2020 – 17:47 WIB
Tak Takut dengan KKB di Papua, Bamsoet Tetap Menuju ke Kawasan Freeport - JPNN.COM
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengunjungi PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Mimika, Papua, Rabu (4/3). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, TEMBAGAPURA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta PT Freeport Indonesia untuk menyejahterakan rakyat Papua.

Hal ini disampaikan pria yang akrab disapa Bamsoet itu saat mengunjungi PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Mimika, Papua, Rabu (4/3).

"Papua merupakan tanah yang diberkati Tuhan sehingga kekayaan nasional harus diolah di dalam negeri dan dimanfaatkan sebesarnya untuk rakyat, sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan. Jangan sampai di tengah melimpahnya kekayaan sumber daya alam, bangsa kita khususnya masyarakat Papua malah justru dirundung kemiskinan," kata Bamsoet.

Selain itu, Bamsoet menegaskan negara tidak boleh kalah oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Karena itu, meskipun pihak keamanan menyarankan untuk menunda karena ada kontak senjata dan tidak kondusif di daerah yang akan dilalui di Distrik Tembagapura, tetapi dirinya beserta rombongan pimpinan MPR RI, DPR RI, dan DPD RI tetap berangkat meninjau aktivitas usaha PT Freeport Indonesia.

Menempuh perjalanan darat 2,5 jam dari Timika menuju Tembagapura dengan menggunakan kendaraan lapis baja dan dilanjutkan menggunakan trem atau kereta gantung menuju puncak Gressberg di ketinggian 4.200 meter di atas permukaan laut.

Bamsoet dan rombongan meninjau langsung aktivitas penambangan pasca-keberhasilan pemerintahan Presiden Joko Widodo menguasai 51 persen saham PT Freeport Indonesia melalui Induk Industri Pertambangan yang dipimpin PT Inalum.

"Ini membuktikan kedaulatan bangsa atas kekayaan alam yang terkandung di dalam bumi Indonesia. Sebagaimana amanah Pasal 33 ayat 3 UUD NRI 1945 bahwa bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. Setelah menguasai 51 persen saham Freeport, pemerintah pusat dan daerah harus memastikan cadangan 1,8 miliar ton mineral tambang emas dan tembaga senilai lebih dari Rp 2.500 triliun di Grasberg, membawa keuntungan bagi kemakmuran Papua khususnya dan Indonesia umumnya," ujar Bamsoet.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menegaskan negara tidak boleh kalah oleh KKB Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close