Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tanggul Situ Ciledug Terancam Jebol

Pendangkalan Lantaran Banyak Keramba Ikan

Sabtu, 27 November 2010 – 20:22 WIB
Tanggul Situ Ciledug Terancam Jebol - JPNN.COM
TANGSEL - Tanggul Situ Ciledug yang berlokasi di Kecamatan Pamulang, Kota Tangsel mengalami keretakan sepanjang 10 meter. Itu terjadi lantaran tidak tahan menampung debit air yang terus meningkat setelah daerah itu beberapa hari belakangan terus diguyur hujan lebat. Kondisi ini membuat aktivis lingkungan khawatir akan terjadi bencana tragedi jebolnya Situ Gintung.

Sekretaris OKP Gugusan Alam Nalar Ekosistem Pemuda (Ganespa) Kota Tangsel, Dodi Harianto mengatakan, keretakan terjadi pada tanggul yang menjadi pembatas dengan jalan raya pada sisi sebelah utara situ. "Keretakan bisa bertambah parah karena tanggul bersinggungan langsung dengan jalan. Apalagi, tingginya jumlah kendaraan setiap detiknya melintas," kata Dodi, di Sekretariat Ganespa, Kecamatan Pamulang, Kamis (25/11) lalu.

Dikatakan Dodi juga, kerusakan situ tersebut sudah dilaporkan kepada Dinas Bina Marga dan Pengairan, Kota Tangsel agar segera diperbaiki. Bahkan, pihaknya juga sudah meminta dukungan DPRD Kota Tangsel agar Pemkot Tangsel segera menindaklanjuti karena akan berakibat fatal bila didiamkan. "Semakin khawatir bila kendaraan berat yang melintas. Karena, tanggul sudah tidak kuat dengan getaran. Belum lagi ada pendangkalan situ dan tidak ada penahan tanggul," terangnya.

Sebelumnya, pihaknya juga sudah melaporkan kerusakan Situ Ciledug yang disebabkan oleh kepentingan warga sekitar dan pemilik usaha yang ada di sepanjang pinggir situ tersebut. Kerusakan tersebut meliputi keberadaan jaring dan keramba ikan yang berakibat pada sendimentasi dan pendangkalan. Kerusakan lainnya adalah pendangkalan situ yang berdampak pada kurangnya daya tampung air sebagai fungsi pengendali banjir.

TANGSEL - Tanggul Situ Ciledug yang berlokasi di Kecamatan Pamulang, Kota Tangsel mengalami keretakan sepanjang 10 meter. Itu terjadi lantaran tidak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close