Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tanoto Foundation & APC Rilis Hasil Studi Lanskap Pengembangan Anak Usia Dini

Jumat, 07 Juli 2023 – 13:37 WIB
Tanoto Foundation & APC Rilis Hasil Studi Lanskap Pengembangan Anak Usia Dini - JPNN.COM
Dr. J. Satrijo Tanudjojo. Foto dok. APC - TF

jpnn.com, JAKARTA - Asia Philanthropy Circle (APC) merilis hasil Studi Lanskap Pengembangan Anak Usia Dini Regional.

Studi ini adalah yang pertama dalam jenisnya dan merupakan pemetaan paling komprehensif hingga saat ini tentang program pengasuhan serta pengembangan anak usia dini di seluruh Asia, dengan fokus khusus pada Tiongkok, Singapura, Indonesia, dan Filipina.

Studi ini dilakukan oleh Centre for Evidence and Implementation (CEI), didukung Tanoto Foundation dan anggota APC lainnya serta para dermawan di wilayah tersebut.

Temuan studi menunjukkan bahwa di keempat negara tersebut, terdapat peningkatan yang nyata dalam komitmen pemerintah untuk memberikan dukungan holistik kepada anak-anak, keluarga, dan masyarakat.

Hal ini terlihat dari kebijakan dan undang-undang yang ada, serta investasi signifikan dalam bidang kesehatan dan pendidikan awal.

Namun, studi juga menunjukkan bahwa meskipun kebijakan nasional telah ada, terdapat tantangan dalam implementasi lokal, termasuk kurangnya pembiayaan yang berkelanjutan, kapasitas dan pengetahuan di sektor tersebut, serta hambatan sosial-ekonomi dan budaya lainnya.

Anggota Dewan Wali Amanat Tanoto Foundation Belinda Tanoto mengatakan periode awal perkembangan anak sangat penting dan akan memiliki dampak jangka panjang di masa depan. 

"Kami ingin mendukung penelitian ini untuk lebih memahami kebutuhan sistem pengembangan anak usia dini di negara-negara ini," kata Belinda Tanoto dalam keterangannya, Jumat (7/7).

Tanoto Foundation & APC merilis hasil studi lanskap pengembangan anak usia dini. Simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close