Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tanpa Perikemanusiaan, Kelompok MIT Bunuh Satu Keluarga

Minggu, 29 November 2020 – 10:04 WIB
Tanpa Perikemanusiaan, Kelompok MIT Bunuh Satu Keluarga - JPNN.COM
Kapolda Sulawesi Tengah, Irjen Abdul Rahkman Baso (tengah) dan Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Farid Makruf (kiri) Wakapolda Sulteng Brigjen Hery Santoso, memberi keterangan pers, di Palu, Minggu (29/11). Foto: ANTARA/Sulapto Sali

jpnn.com, PALU - Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Pol Abdul Rakhman Baso menegaskan tidak ada bangunan gereja yang terbakar atau dibakar dalam kejadian kekerasan di Kabupaten Sigi.

Ia mengatakan yang dibakar oleh pelaku orang tidak dikenal (OTK) hanya rumah yang dijadikan tempat pelayanan umat.

“Saya ingin meluruskan bahwa di situ tidak ada gereja yang dibakar,” kata Baso didampingi Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Farid Makruf, dan Wakapolda Sulteng Brigjen Pol Hery Santoso, dalam jumpa di Palu, Minggu (29/11) pagi.

“Di lokasi TKP ada 50 rumah transmigrasi setempat dan 50 rumah itu ada sembilan yang dihuni tetap kalau yang lainnya kembali,” katanya.

Ia menjelaskan, dari sembilan rumah ini dihuni bukan hanya warga dari satu suku dan agama saja, namun terjalin toleransi yang sangat bagus di lokasi itu.

Ia mengatakan, pada 09.00 WIB Jumat (27/11), salah satu rumah didatangi sekitar delapan OTK, yang masuk lewat belakang mengambil beras kurang 40 kilogram.

“Setelah itu melakukan penganiayaan tanpa ada pernyataan apa pun, menggunakan senjata tajam tanpa perikemanusiaan mengakibatkan empat orang korban,” katanya.

“Setelah itu OTK membakar rumah sebanyak kurang lebih enam rumah dan saya sendiri sudah cek langsung ke TKP kemarin. Dari enam rumah ini, empat yang terbakar habis dua hanya dapur bagian belakang itu pun bukan rumah inti hanya beratapkan alang-alang,” katanya.

Kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso membunuh satu keluarga yang terdiri dari empat orang dan merampok beras 40 kg.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close