Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tantangan Anies soal Adu Gagasan dan Penantian akan Pikiran Bakal Capres Lain

Oleh Zaenal A Budiyono*

Rabu, 24 Mei 2023 – 18:28 WIB
Tantangan Anies soal Adu Gagasan dan Penantian akan Pikiran Bakal Capres Lain - JPNN.COM
Ilustrasi bakal capres Pemilu 2024: Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. Ilustrator: Sultan Amanda/JPNN.com

jpnn.com - Belakangan ini persaingan di antara tiga bakal capres, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto terlihat lebih seru.

Anies sebagai bakal capres dari Koalisi Perubahan memantik babak baru dengan mengeluarkan pernyataan yang dianggap sebagai ‘serangan’ terhadap sejumlah kebijakan pemerintah.

Misalnya, mantan gubernur DKI Jakarta itu menyuarakan tuntutannya tentang akses yang sama bagi setiap capres untuk bersaing, warning soal penjegalan kandidat, mafia APBN, isu korupsi, dan pentingnya setiap kandidat memunculkan gagasan ketimbang sekadar berlari dan aktif di medsos demi pencitraan.

Bagi penulis, tantangan Anies soal adu gagasan ketimbang pencitraan tersebut adalah hal menarik. Tanpa bermaksud mengecilkan isu lain, adu gagasan bisa membawa publik mengetahui isi kepala para capres yang akan bersaing.

Untuk kali pertama sejak pilpres secara langsung pada 2004, pertarungan gagasan sudah mulai sejak dini. Biasanya gagasan yang dituangkan dalam bentuk visi dan misi baru akan menjadi topik pembicaraan saat masa debat capres.

Pilihan strategi Anies yang mengedepankan serangan terhadap kebijakan pemerintah merupakan kabar baik bagi demokrasi. Memang seharusnya para capres mengambil opsi itu jika ingin merebut hati pemilih.

Hal sama berlaku di banyak negara demokrasi mapan, di mana adu gagasan (serangan capres oposisi terhadap kebijakan pemerintah) adalah sesuatu yang lazim. Demokrasi juga memberi ruang yang luas kepada setiap kandidat untuk menawarkan alternatif kebijakan terbaik demi kemajuan negara dan keadilan sosial.

Sayangnya tantangan Anies soal debat gagasan itu justru direspons negatif oleh para pendukung Prabowo Subianto maupun Ganjar Pranowo.

Tantangan adu gagasan yang dilontarkan Anies bisa menjadi media bagi Prabowo maupun Ganjar untuk menunjukkan kelas mereka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close