Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tantangan Milenial Kian Berat, Sekolah Dorong Siswa Berpikir Kreatif dan Inovatif

Selasa, 19 November 2019 – 15:10 WIB
Tantangan Milenial Kian Berat, Sekolah Dorong Siswa Berpikir Kreatif dan Inovatif - JPNN.COM
Pembukaan Al Azhar Kelapa Gading Festival (Alkafest) 2019. Foto: Humas for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Revolusi industri 4.0 saat ini membutuhkan sumber daya manusia yang tangguh dan inovatif. Penguasaan teknologi menjadi mutlak seiring dengan perkembangan zaman, terutama di era digital. Tengok saja betapa mudahnya informasi diakses oleh anak-anak dan generasi milenial masa kini.

Kids zaman now dapat mengakses semua informasi hanya dengan sentuhan jarinya melalui berbagai aplikasi di ponsel pintar.

Selain inovasi, pendidikan di sekolah juga dituntut berkembang maju untuk mendorong siswa menjadi kreatif. Hal ini karena kreativitas merupakan bagian penting dan tak terpisahkan dalam proses pendidikan seorang anak. Apalagi di masa sekarang, keberhasilan anak tidak lagi ditentukan nilai akademis semata. Namun juga kemampuan mengambil keputusan, kreativitas dan inovasi.

"Untuk mewadahi ruang untuk kreativitas dan potensi belajar di bidang pengetahuan, keterampilan, dan bakat seni yang mewadahi ekspresi di kalangan pelajar kami gelar Al Azhar Kelapa Gading Festival (Alkafest) 2019," ujar Kepala Sekolah SMA Islam Al Azhar Kelapa Gading Sumanto, Selasa (19/11).

Kegiatan ini diikuti 50 sekolah se-Jabodetabek. Mereka terdiri dari 35 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan 15 Sekolah Menengah Pertama (SMP). Selain itu satu peserta dari luar daerah, yakni SMA Purwokerto, turut berpartisipasi.

"Selain membangun karakter positif, juga mendorong siswa untuk berpikir luas dan inovatif. Ini bekal masa depan karena dunia yang mereka hadapi jauh lebih menantang dan harus berpikir out of the box," lanjutnya.

Ditambahkannya, dalam pendidikan terangkum unsur pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang terpadu dalam kreativitas dan kepribadian siswa.

"Kami berharap ajang ini menjadi wadah pengembangan kreativitas dan prestasi siswa di bidang nonakademik yang menjunjung sportivitas, kolaborasi atau goyong royong sekaligus memupuk dan menyalurkan bakat dan potensi para pelajar kita,” terang Kepala Humas Al Azhar Kelapa Gading, Dian Ruslan.

Al Azhar Kelapa Gading Festival atau Alkafest 2019 berlangsung sejak 14 November 2019 akan ditutup dengan puncak acara 21 Desember 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close