Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tarif Tes Covid-19 di Indonesia Jadi Salah Satu yang Termurah di Asia  

Selasa, 24 Agustus 2021 – 07:15 WIB
Tarif Tes Covid-19 di Indonesia Jadi Salah Satu yang Termurah di Asia   - JPNN.COM
Ilustrasi layanan swab test. Foto: Burname Farmasi

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah secara resmi menurunkan harga swab test PCR. Penurunan ini dinilai memberikan dampak yang positif bagi masyarakat Indonesia.

Melalui instruksi pemerintah, harga yang ditetapkan berkisar mulai Rp 495.000-Rp525.000, dan Indonesia menjadi salah satu negara di kawasan Asia Tenggara dengan biaya termurah untuk melakukan swab test PCR.

Menurut data dari Kemenkes, Indonesia memiliki tarif yang lebih murah dibandingkan beberapa negara Asia seperti Thailand dengan kisaran Rp 1.300.000 – Rp 2.800.000 untuk sekali swab test PCR dan Singapura dengan SGD 160 atau Rp 1.500.000 untuk layanan swab test PCR.

Hal ini berbeda dengan India yang mendapatkan subsidi penuh oleh pemerintah negaranya, serta alat swab test PCR, reagen yang digunakan hingga obat-obatan yang diproduksi. Sehingga tidak heran, tarif untuk swab test PCR di negeri tersebut jauh lebih murah dari Indonesia.

Direktur Utama Bumame Farmasi James Wihardja merespons positif instruksi dari pemerintah soal penurunan tarif swab test PCR.

“Kami sebagai penyedia jasa juga berusaha memaksimalkan solusi agar masyarakat bisa menggunakan layanan swab test PCR dengan mudah, aman, cepat, dan tentunya dengan tarif yang lebih terjangkau,” ujar dia dalam siaran persnya, Senin (23/8).

James menerangkan, pihaknya juga menjamin tingkat akurasi terbaik bagi masyarakat melalui layanan dan laboratorium mandiri yang dilengkapi komponen-komponen berkualitas terbaik.

Salah satu epidemiolog Dicky Gunawan turut angkat bicara terhadap kebijakan pemerintah tersebut.

Indonesia kini memiliki tarif tes Covid-19 lebih murah dibandingkan beberapa negara Asia seperti Thailand.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close