Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Terapkan 4 Strategi Utama, Arus Balik IdulAdha Relatif Lancar    

Selasa, 04 Agustus 2020 – 02:10 WIB
Terapkan 4 Strategi Utama, Arus Balik IdulAdha Relatif Lancar     - JPNN.COM
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Istiono (tengah) saat memantau arus balik Libur IdulAdha didampingi Kombes Eddy Djunaedi dan Kombes Rudy Antariksa, Senin dini hari (3/8). Foto dok Kakorlantas

jpnn.com, CIKAMPEK - Arus balik libur hari raya IdulAdha 1441 H berlangsung aman dan relatif lancar, meski sempat terjadi kepadatan terutama di pertemuan antara Tol Cipularang dan Cipali di Kilometer (Km) 65, namun kendaraan masih dapat bergerak.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) Inspektur Jenderal Istiono menuturkan lancarnya arus lalu lintas karena pihaknya menerapkan empat strategi utama.

Pertama, dilakukan pengalihan truk besar yang akan melewati tol ke jalan arteri atau jalan nasional.

Pengalihan dimulai dari perbatasan Tol Jawa Timur, Jawa Tengah dan pintu keluar Tol Jawa Tengah.

"Oleh karenanya, diterapkan contra flow dari Km 65 sampai Km 47 arah Jakarta," ujar Istiono yang langsung memantau di Rest Area Km 62 sejak Minggu (2/8) malam sampai Senin dini hari (3/8).

Kedua, pihaknya memberlakukan sistem buka tutup rest area apabila sudah memenuhi kapasitas kendaraan pada setiap 2 jam. Adapun pemberlakuan buka tutup ini sebagai upaya menerapkan protokol kesehatan.

Di samping itu, dengan pembatasan jumlah kendaraan yang masuk, bisa mencegah terjadinya kerumunan di kawasan rest area serta jalur masuknya yang kerap kali menimbulkan antrean panjang.

Ketiga adalah pemasangan  papan informasi kapasitas rest area juga dilakukan untuk mengantisipasi penumpukan di tempat istirahat tersebut. Bukan hanya itu, untuk memantau kapasitas rest area, pihaknya menempatkan para petugas tol di masing masing rest area.

Kesiapsiagaan penuh jajaran Korlantas Polri telah dilakukan pada pengamanan arus balik IdulAdha ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close