Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Terapkan AI dalam Pembelajaran, UT Tekankan Pentingnya Peran Para Dosen dan Tutor

Rabu, 21 Agustus 2024 – 16:01 WIB
Terapkan AI dalam Pembelajaran, UT Tekankan Pentingnya Peran Para Dosen dan Tutor - JPNN.COM
Wakil Rektor Bidang Akademik UT, Dr. Mohamad Yunus, S.S, saat membuka seminar Al dalam rangkaian Dies Natalis ke-40 Universitas Terbuka (UT) di Tangerang Selatan, Rabu (21/8). Foto tangkapan layar YouTube Universitas Terbuka

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Terbuka (UT) sudah menerapkan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dalam proses pembelajarannya.

Hal ini merupakan bagian dari strategi jangka panjang untuk mentransformasi pendidikan jarak jauh (PJJ) di Indonesia. 

"AI itu sebagai alat bantu pembelajaran untuk mencerdaskan mahasiswa. Pemanfaatan AI dalam pembelajaran memerlukan pemahaman yang mendalam dan keterampilan teknis yang tepat," kata Wakil Rektor Bidang Akademik UT, Dr. Mohamad Yunus, S.S, saat membuka seminar Al dalam rangkaian Dies Natalis ke-40 Universitas Terbuka (UT) di Tangerang Selatan, Rabu (21/8).

Dengan kemajuan teknologi yang pesat, penggunaan AI dalam pendidikan telah menjadi suatu hal yang tidak dapat dihindari.

Namun, seiring dengan kemudahan yang ditawarkan, juga muncul berbagai dilema, dan tantangan yang perlu diatasi.

"AI ini tools utuk membantu, tetapi tidak boleh dilepas sendiri, peran tutor, para dosen yang cerdas ada di dibelakangnya, sehingga AI bukan menurunkan kualitas mahasiswa," terangnya. 

Berkaitan rangkaian Dies Natalis ke-40 Universitas Terbuka (UT), sebagai bentuk kesadaran dan kemajuan Al (Artificial Intelligence), UT menggelar Seminar Al dalam pembelajaran secara hybrid bertema "Transformasi Pendidikan di Era Digital: Pemanfaatan Al untuk Pembelajaran yang optimal dan efektif". 

Seminar ini menghadirkan berbagai macam topik pembahasan yang meliputi dasar-dasar kecerdasan buatan dan aplikasinya dalam pendidikan, pengembangan sistem pembelajaran menggunakan AI, studi kasus penerapan AI, tantangan etika dalam penerapan AI di pembelajaran, user dalam AI assistant, personalize dalam pembelajaran, prompting dan penggunaan dashboard AI. 

Terapkan AI dalam pembelajaran, UT tekankan pentingnya peran para dosen dan tutor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA