Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Terjadi Erupsi, Status Gunung Merapi Masih Normal

BNPB Minta Masyarakat Tetap Tenang

Senin, 22 Juli 2013 – 10:33 WIB
Terjadi Erupsi, Status Gunung Merapi Masih Normal - JPNN.COM
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan pada pada Senin (22/7) pagi tadi sekitar pukul 04.22 hingga 05.35 Wib terjadi guguran Gunung Merapi yang terdengar dari Pos Kaliurang. Selain itu juga terlihat gumpalan asap berwarna coklat kehitaman.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB  Sutopo Purwo Nugroho terdapat lontaran material berwarna merah hingga ketinggian 1.000 meter dari puncak Merapi yang teramati dari Pos Selo, Boyolali.

"Hujan abu dan pasir halus terjadi di wilayah Deles, Tlogowatu, Kemalang, Balerante, Klaten di Jawa Tengah. Hujan abu juga terjadi di sekitar Kalitengah Lor, Kalitengah Kidul, Srunen di daerah Cangkringan, Kaliurang Sleman Yogyakarta. Terdapa juga hujan abu hingga 7-14 km dari puncak Merapi ke arah Klaten dan Sleman," ujar Sutopo melalui rilis yang diterima JPNN, Senin (22/7) pagi.

 

Sutopo mengatakan, meski terjadi erupsi status Gunung Merapi masih normal. Aktivitas Merapi, kata dia, akan dievaluasi apakah aktivitas akan berlanjut ke erupsi magmatik atau tidak.

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan pada pada Senin (22/7) pagi tadi sekitar pukul 04.22 hingga 05.35 Wib terjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA