Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ternyata Ada Kejadian tak Biasa di Sukabumi Sebelum Gempa Banten, Lihat Tuh

Sabtu, 15 Januari 2022 – 09:24 WIB
Ternyata Ada Kejadian tak Biasa di Sukabumi Sebelum Gempa Banten, Lihat Tuh - JPNN.COM
BMKG mencatat terjadi lima kali gempa susulan usai yang pertama pada Jumat (14/1) sore. Ilustrator: Sultan Amanda/JPNN.com

jpnn.com, SUKABUMI - Kemunculan Geger Lintang atau lebih dikenal dengan Hiu Paus atau Hiu Bentang di bibir Pantai Citepus, Sukabumi, Jawa Barat pada Jumat (14/1) kemarin menjadi pertanyaan besar.

Apalagi setelah beberapa jam kemunculan Hiu Paus itu, Banten dilanda gempa bermagnitudo 6,7 yang guncangannya dirasakan hingga Jakarta dan Bandung.

Petugas Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Asep Saepulloh atau Asep Edom mengatakan Hiu Paus tersebut sempat berenang mendekati bibir Pantai Citepus, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu.

“Kemunculannya sekitar pukul 10.00 WIB dan beberapa wisatawan sempat memotret dan merekamnya dengan handphone dan kebetulan saya juga berada di lokasi," kata Asep.

Ternyata Ada Kejadian tak Biasa di Sukabumi Sebelum Gempa Banten, Lihat Tuh

Menurut Asep Edom, kemungkinan Hiu Paus mendekati bibir pantai karena sedang menyantap ikan-ikan kecil atau plankton.

Namun, dirinya tidak ingin mengaitkan kemunculan Hiu Paus itu dengan kejadian gempa bumi yang berpusat di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten pada pukul 16.05 WIB.

Dia menganggap kemunculan hiu bernama ilmiah Rhincodon typus tengah mencari makan.

Kemunculan Hiu Paus di bibir Pantai Citepus, Sukabumi, Jawa Barat pada Jumat (14/1) kemarin, beberapa jam sebelum gempa Banten menjadi pertanyaan besar, begini kata petugas Balawista.


BERITA LAINNYA