Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ternyata Begini Modus Pencucian Uang oleh Panji Gumilang

Jumat, 03 November 2023 – 08:30 WIB
Ternyata Begini Modus Pencucian Uang oleh Panji Gumilang - JPNN.COM
Penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri melimpahkan tersangka Panji Gumilang kepada pihak Kejaksaan RI, Senin (30/10/2023). (ANTARA/Laily Rahmawaty)

jpnn.com, JAKARTA - Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri tidak hanya mengusut dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) oleh Panji Gumilang.

Sejalan dengan itu, Bareskrim Polri juga mengusut dugaan tindak pidana korupsi dana BOS (bantuan operasional sekolah) oleh pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun tersebut.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan menyebut kasus dugaan korupsi dana BOS tersebut masih dalam tahap penyelidikan.

"Kami melakukan dua proses penyelidikan. Yang pertama penyidikan perkara penggelapan dan tindak pidana (TPPU, red) yayasan yang sudah naik status tersangka. Yang kedua, kami melakukan penyelidikan korupsi terhadap dana BOS,” kata Whisnu, Kamis (2/11).

Penyelidikan dugaan tindak pidana korupsi dana BOS dengan terlapor Panji Gumilang itu kini masih dalam tahap perhitungan kerugian keuangan negara.

"Setelah adanya perhitungan kerugian keuangan negara kami tingkatkan statusnya ke penyidikan dan ke tahap selanjutnya,” ucap Whisnu.

Sementara itu, dalam kasus TPPU dengan pidana asal tindak pidana pengelolaan uang yayasan dan penggelapan, penyidik telah menetapkan Panji Gumilang sebagai tersangka.

Modus Pencucian Uang

Whisnu menjelaskan modus yang dilakukan Panji dalam pencucian uang, yakni berupa layering (memisahkan hasil tindak pidana dari sumbernya), structuring (upaya untuk menghindari pelaporan dengan memecah-mecah transaksi sehingga jumlah transaksi menjadi lebih kecil).

Brigjen Whisnu Hermawan ungkap modus pencucian uang oleh Pengasuh Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang. Dugaan korupsi dana BOS juga sedang diusut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close