Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ternyata Minat Milenial Jadi Guru Tetap Tinggi, Cek Faktanya di FKIP UT

Senin, 15 Juli 2024 – 17:13 WIB
Ternyata Minat Milenial Jadi Guru Tetap Tinggi, Cek Faktanya di FKIP UT - JPNN.COM
Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., (pakai peci) mengungkapkan mulai tahun ini UT membuka kesempatan bagi calon mahasiswa baru yang ingin menjadi guru untuk kuliah online di UT. Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Profesi guru masih tetap diminati kalangan millenial. Terbukti dengan banyaknya calon mahasiswa baru lulusan SMA sederajat yang memilih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di Universitas Terbuka (UT).

Padahal, program studi (prodi) PG-PAUD (pendidikan guru pendidikan anak usia dini) dan PGSD (pendidikan guru sekolah dasar) untuk calon guru, baru dibuka UT semester ini. 

Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., mengungkapkan dahulu UT hanya dikenal sebagai perguruan tinggi negeri (PTN)-nya para guru untuk memenuhi persyaratan S1 sebagaimana amanat UU Guru dan Dosen.

Namun, mulai tahun ini UT membuka kesempatan bagi calon mahasiswa baru yang ingin menjadi guru untuk kuliah online di UT. 

'Calon mahasiswa baru UT terbanyak dari kalangan milenial. Mereka merata tersebar di sejumlah fakultas, salah satunya FKIP UT, " kata Prof. Ojat di sela-sela seminar akademik Universitas Terbuka Periode II Wilayah 1 TA 2023/2024, Senin (15/7). 

Direktur Administrasi Akademik dan Kelulusan/Ketua Panitia Seminar dan Wisuda Firmansyah, S.Kom., M.M., menambahkan dibukanya kesempatan bagi calon guru untuk kuliah online di FKIP UT ini merupakan terobosan baru dalam mencapai target 1 juta mahasiswa UT. 

Langkah tersebut berbuah manis karena ternyata animo milenial luar biasa. Sejak dibuka 6 Mei 2024, calon mahasiswa baru yang sudah mendaftar untuk prodi PG SD sebanyak 16.960, sedangkan PG PAUD 1.317.

Jumlah tersebut kata Firmansyah akan terus bertambah, karena pendaftaran ditutup 5 September. 

Ternyata minat milenial jadi guru tetap tinggi, lihat saja faktanya di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka (FKIP UT)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close